Menu

Rugi Kalau Dilewatkan! Ini 3 Manfaat Kacang Merah untuk Bayi sebagai Menu MPASI, Moms Wajib Tahu!

01 Juni 2024 22:45 WIB
Rugi Kalau Dilewatkan! Ini 3 Manfaat Kacang Merah untuk Bayi sebagai Menu MPASI, Moms Wajib Tahu!

Kacang Merah (Freepik/Edited By HerStory)

HerStory, Jakarta —

Salah satu jenis kacang-kacangan yang sering dikonsumsi banyak orang adalah kacang merah. Sesuai namanya, kacang ini memiliki warna kemerahan dan biasanya diolah sebagai makanan seperti bubur maupun bahan campuran kue ataupun minuman tradisional.

Namun, tahukah kamu ternyata kacang merah juga bisa digunakan sebagai bahan menu MPASI atau makanan pendamping ASI pada bayi lho Moms!

Kacang merah memang dikenal sebagai salah satu jenis makanan dari keluarga kacang-kacangan yang memiliki nutrisi yang tinggi. 

Tak heran makanan satu ini juga dianjurkan untuk dikonsumsi sebagai makanan bayi usia 6 bulan sampai 1 tahun.

Nah, berikut 3 manfaat mengonsumsi kacang merah sebagai menu MPASI pada bayi.

1. Mendukung Kesehatan dan Perkembangan Saraf Otak

Kacang merah diketahui sebagai salah satu jenis kacang-kacangan yang mengandung senyama kolin dan protein yang baik untuk perkembangan sistem saraf otak pada anak.

Menyadur dari artikel berjudul “When Can a Baby Have Beans?”, kacang merah yang diolah menjadi MPASI dan diberikan pada bayi diketahui dapat membantu meningkatkan pertumbuhan sel saraf otak pada anak-anak. 

Kacang merah juga diketahui memiliki kandungan vitamin, serat dan juga magnesium yang baik untuk meningkatkan sistem motorik pada bayi dan juga menjaga sistem kesehatan mata pada anak.

Oleh karena itu, pemberian kacang merah yang telah diolah menjadi MPASI pada anak sangat dianjurkan, khususnya pada usia 6 bulan hingga memasuki usia 1 tahun.

Baca Juga: Cocok untuk Si Kecil, Ini Resep MPASI dari Oatmeal yang Yummy dan Sehat Abis! Moms Catat Ya!

Baca Juga: Pantas Laris Manis Jadi Menu MPASI! Ini 3 Manfaat Konsumsi Hati Ayam untuk Kesehatan Tubuh, Orangtua Juga Bisa Rasakan Khasiatnya Lho!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Azka Elfriza

Artikel Pilihan