Menu

Lewat Program 'Tangan-tangan Cantik Citra', 20 UMKM Perempuan Dapat Dukungan dari Citra, Semasa dan Kemenparekraf

02 Juni 2024 13:15 WIB
Lewat Program 'Tangan-tangan Cantik Citra', 20 UMKM Perempuan Dapat Dukungan dari Citra, Semasa dan Kemenparekraf

Sesi talkshow konferensi pers program “Tangan-Tangan Cantik Citra” di “Citra SEMASA Piknik 2024” (Ida Umy Rasyidah/Herstory)

HerStory, Jakarta —

Beauty, kamu pasti tahu jika para wanita saat ini pun sudah banyak yang memulai untuk membuka usaha. Nah, Citra pun mendukung para wanita yang berkecimpung membuka usaha lewat "Tangan-tangan Cantik Citra" yang kali ini mengapresiasi dan mendukung para perempuan yang berkarya di bidang kreatif. Di program ini, Citra menggandeng Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI (Kemenparekraf RI) dan SEMASA untuk membantu perkembangan usaha 135 UMKM berbasis ekonomi kreatif, dan memberikan penghargaan “Piala Citrapreneur” bagi 20 UMKM Perempuan Terbaik. Acara puncak penghargaan ini digelar di “Citra SEMASA Piknik 2024” pada 31 Mei-2 Juni 2024 di Taman Lapangan Banteng.

Citra memahami kecantikan perempuan Indonesia salah satunya terpancar dari tangan-tangan kreatif mereka yang telah menggerakkan industri dan ekonomi kreatif. Contohnya lewat peranan UMKM perempuan yang semakin menjadi primadona di industri kreatif Tanah Air. Dari 60,5% kontribusi UMKM terhadap PDB Nasional, hampir 65% pelaku UMKM dimotori tangan-tangan cantik perempuan Indonesia. Kontribusi mereka bahkan diproyeksi akan mencapai USD 135 miliar pada 2025  . Namun di balik itu, masih ada banyak tantangan yang mereka hadapi, salah satunya adalah keterbatasan modal yang dialami oleh 40% UMKM perempuan . Demi mendorong sepak terjang mereka, dibutuhkan kolaborasi dari berbagai pihak. 

Untuk itu, Citra menjadikan program “Tangan-Tangan Cantik Citra” sebagai bentuk dukungan bagi para UMKM perempuan di bidang kreatif agar mereka mampu mengatasi berbagai tantangan sehingga menjadi semakin berdaya dan mandiri.

Inisiatif Citra disambut dan diapresiasi oleh Kemenparekraf RI karena sejalan dengan misi Pemerintah untuk membuka peluang yang makin inklusif pada industri ekonomi kreatif. Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, menuturkan, “Saya terus mendorong 3G: Gercep (Gerak Cepat) karena kita tidak bisa lagi hanya berjalan untuk mengejar Indonesia Emas 2045; Geber (Gerak Bersama) karena kita tidak bisa sendiri, harus merangkul kolaborator termasuk dunia usaha; dan Gaspol dengan meng-gas semua potensi yang dapat menciptakan lapangan usaha dan lapangan kerja. SEMASA sebagai salah satu event Top 10 Karisma Event Nusantara (KEN) adalah acara yang sangat spesial. Tahun ini juga jumlah tenant-nya meningkat, menunjukan bahwa ini event yang sangat strategis. Jadi saya mengapresiasi kerja sama SEMASA selaku inisiator dan penyelenggara ‘SEMASA Piknik’ dan Citra sebagai kolabulator utama. Semoga event ini berdampak pada ekonomi bangsa dan berkontribusi positif dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.”

Putri Paramita, Beauty & Wellbeing Marketing Lead Unilever Indonesia, menanggapi, “Sebagai brand yang lebih dari 35 tahun lalu terlahir di Indonesia, Citra memiliki purpose sangat jelas yaitu ‘women support women’ dengan senantiasa mendukung perempuan Indonesia tampil percaya diri dengan merawat kulit mereka agar dapat  terus ber-progess lewat karya-karya yang terlahir dari kulit yang cantik dan terawat. Purpose ini diwujudkan dengan senantiasa mendengar kebutuhan perempuan Indonesia dan melakukan sejumlah inovasi produk produk yang secara khusus diformulasikan untuk karakteristik kulit para perempuan Indonesia, menggunakan 100han-bahan natural dengan 10x kekuatan mencerahkan dan melembapkan yang dapat menjawab beragam kebutuhan perawatan kulit mereka. Di antaranya seperti Citra Body Serum yang baru kami luncurkan pada akhir tahun lalu.”

“Selain itu, Citra konsisten melakukan berbagai inisiatif untuk mendampingi perempuan menjadi lebih berdaya. Melanjutkan purpose-nya, melalui program ‘Tangan-Tangan Cantik Citra’ kali ini kami berupaya memberi dampak nyata pada kemajuan UMKM perempuan dengan menggandeng Kemenparekraf RI dan SEMASA dalam menghadirkan ‘Piala Citrapreneur’; penghargaan yang mendorong sebanyak mungkin UMKM perempuan di bidang kreatif memaksimalkan potensi diri dan bisnis mereka,” tambah Putri.

Ajang “Piala Citrapreneur” telah dimulai sejak Maret 2024 dan diikuti lebih dari 400 peserta.  Setelah proses penjurian, 20 UMKM perempuan terpilih memiliki kesempatan untuk bertu mbuh melalui peningkatan kompetensi serta dana dan media usaha senilai total lebih dari Rp650 juta.

Erwita Dianti, Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif Kemenparekraf RI berkomentar, “Potensi dari UMKM perempuan di bidang kreatif masih sangat besar. Dengan segala keunikannya, perempuan terbukti mampu bekerja secara mandiri, sensitif terhadap pasar, berani berinovasi, dan luwes dalam hal beradaptasi ataupun membentuk network dengan berbagai pihak. Hal ini jadi modal penting, dan kami percaya ‘Piala Citrapreneur’ dapat menjadi katalisator untuk mempertajam kemampuan mereka sambil menginspirasi para pelaku UMKM perempuan lainnya.”

Puncak penghargaan “Piala Citrapreneur” diadakan di “Citra SEMASA Piknik 2024”, dimana 20 pemenang berkesempatan memamerkan dan memasarkan produk andalan mereka. Yang tidak kalah istimewa, sejalan dengan value Citra sebagai produk yang natural dan ramah lingkungan, terdapat kategori spesifik yaitu “Ecopreneur”; apresiasi kepada pelaku UMKM perempuan yang mengedepankan bahan natural, atau menjalankan bisnisnya dengan prinsip sustainability. 

Baca Juga: Berkecimpung di Bidang Dermatologi dan Estetika, dr. Ayu Widyaningrum Raih Ratusan Penghargaan

Baca Juga: Cocok Mendapatkan Gelar Srikandi Modern, Intip Yuk Top 500 Most Outstanding Women 2024

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Ida Umy Rasyidah

Artikel Pilihan