Menu

Waspada Moms, Inilah Faktor yang Bisa Bikin Anak Mengidap kolesterol Tinggi

02 Juni 2024 23:50 WIB
Waspada Moms, Inilah Faktor yang Bisa Bikin Anak Mengidap kolesterol Tinggi

Ilustrasi kolesterol tinggi. (Pinterest/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Moms, tahukah kamu jika kadar kolesterol yang tinggi bisa dialami juga oleh anak. 

Dokter Spesialis Kesehatan Anak, Novitria Dwinanda mengungkapkan, anak-anak bisa mengalami kenaikan kadar kolesterol tinggi atau Hiperkolesterolemia dalam darah akibat kelainan bawaan. 

“Hal tersebut di mana tubuh tak dapat melakukan metabolisme kolesterol dengan benar. Hiperkolesterolemia pada anak juga bisa disebabkan oleh penyakit akibat mengonsumsi lemak berlebihan sehingga menumpuk dalam bentuk kolesterol,” tutur Novi, dalam keterangan resmi kepada HerStory beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut, Novi mengatakan, sama seperti orang dewasa, gejala kolesterol pada anak tak terlihat. Sebab itu, dibutuhkan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter. 

“Oleh karena itu dibutuhkan pemeriksaan penunjang berupa pemeriksaan darah,” kata Novi.

Nah Moms, jika sudah mengetahui si kecil mengalami kolesterol tinggi, perlu segera ambil tindakan untuk mengatasi penyakit tersebut. Seperti kita ketahui, kolesterol tinggi disebabkan gaya hidup tak sehat sehingga memerlukan perubahan kebiasaan.

“Jika kenaikan kadar kolesterol pada anak bukan disebabkan oleh kelainan bawaan, si kecil harus menerapkan pola hidup sehat. Batasi konsumsi jumlah gula berlebih, makanan yang mengandung lemak jahat, serta minuman yang diproses (processed food),” tegas Novi. 

Baca Juga: 5 Buah yang Bisa Turunkan Kolesterol, Cocok Nih Dikonsumsi Setelah Makan Daging Kurban!

Baca Juga: Tips Diet untuk Penderita Kolesterol Tinggi, Simak Baik-baik Ya!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan