Menu

Berkecimpung di Bidang Dermatologi dan Estetika, dr. Ayu Widyaningrum Raih Ratusan Penghargaan

07 Juni 2024 16:00 WIB
Berkecimpung di Bidang Dermatologi dan Estetika, dr. Ayu Widyaningrum  Raih Ratusan Penghargaan

Sosok dr. Ayu Widyaningrum (istimewa)

HerStory, Jakarta —

Beauty, apakah kamu tahu soal informasi dr. Ayu Widyaningrum? Itu lho, seorang wanita yang menggeluti bidang dermatologi dan estetika.

Pemilik nama lengkap dr. Ayu Widyaningrum, MM, Magister AAAM, Magister IBAM kelahiran Kotabaru, Kalimantan, 12 Agustus 1990 ini berhasil meraih 124 penghargaan berskala nasional hingga internasional dalam beberapa tahun terakhir kariernya, tepatnya sejak tahun 2018.

Meski berkarier di bidang dermatologi, ternyata penghargaan itu juga datang dari kategori sosial dan budaya, lho.

“Banyaknya penghargaan yang saya terima sudah pasti membuat saya sangat bahagia, ini membuktikan bahwa kerja keras saya di bidang estetika dan dermatologi diapresiasi, dan banyaknya awards yang saya terima memicu saya untuk terus berkarya dan berinovasi terutama dalam bidang estetika dan dermatologi,” ungkap dr. Ayu mengungkapkan pencapaiannya.

Bagi dr. Ayu, 124 penghargaan dari dalam dan luar negeri yang ia terima memicunya untuk terus belajar. Ia mengaku tertantang untuk terus menggali serta membuat sesuatu yang baru dan berbeda dari yang lain. Harapannya, Indonesia unggul dan memiliki keunggulan di bidang estetika dan dermatologi. Dengan demikian pasien tidak perlu lagi pergi menjalani perawatan atau pengobatan ke luar negeri karena Indonesia sudah memilikinya.

Seperti apa suka duka dr. Ayu berkecimpung di bidang estetika dan dermatologi, dan bagaimana ia melihat kesadaran masyarakat di Tanah Air terhadap pentingnya kesehatan dan kecantikan kulit?

“Yang saya sukai, saat ini pasien sudah sadar betul bahwa anti-aging adalah proses yang bisa dikendalikan, semakin banyak pasien yang memiliki kulit yang lebih bagus juga struktur wajah yang lebih proporsional,” kata dr. Ayu.

“Tapi dukanya, tidak sedikit juga pasien yang melakukan over filler, over tanam benang, atau over botox sehingga berkesan too much. Kondisi tersebut lebih susah untuk diperbaiki, dan rekonstruksi ulang itu selain lebih susah, cost-nya juga lebih besar,” ujarnya lagi.

Dengan 124 penghargaan yang diraih dari dalam maupun luar negeri, dr. Ayu berharap ia dapat berkontribusi untuk negeri ini.

“Saya sangat bangga karena sebagai anak bangsa, saya bisa berpartisipasi untuk mengembangkan diri dan dikenal baik secara nasional maupun internasional, dan tentunya membawa nama baik Indonesia di ranah prestasi global. Walau ada beberapa oknum yang memandang pencapaian saya dengan sebelah mata, bagi saya itu bukan masalah. Justru itu memacu saya untuk mengukir lebih banyak prestasi dan melahirkan inovasi terbaru. Dengan begitu, Indonesia akan semakin dilihat oleh negara-negara lain, dan saya pun menjadi lebih bermanfaat untuk bangsa ini,” tegas dr. Ayu.

Bagaimana dr. Ayu meng-upgrade keahliannya di bidang estetika dan dermatologi agar selalu up-to-date dengan perkembangan teknologi kecantikan?

“Setiap bulan saya selalu mengikuti workshop internasional baik di Australia maupun Eropa, termasuk di London, Inggris. Saya lebih fokus mengikuti kongres internasional agar bisa upgrade ilmu dengan lebih maju. Dengan begitu, saya bisa mengembangkan inovasi dengan lebih mantap. Baru-baru ini saya juga mengikuti kongres di Taipei. Pada bulan Juni ini, saya akan ikut kongres internasional estetika di Sydney dan Melbourne Australia,” tutur dr. Ayu.

Di antara sejumlah penghargaan yang diraihnya, pada awal Desember 2023 ia mendapatkan Highend Life Style Award untuk kategori Evolution of Beauty dari Majalah Highend. Nama dr. Ayu juga masuk dalam daftar The Alpha Under 40 pada bulan November bersama beberapa tokoh dan selebriti seperti Denny Sumargo, Cinta Laura, Felicya Angelista, dan Rizki Febrian.

Baca Juga: Cocok Mendapatkan Gelar Srikandi Modern, Intip Yuk Top 500 Most Outstanding Women 2024

Baca Juga: Lewat Program 'Tangan-tangan Cantik Citra', 20 UMKM Perempuan Dapat Dukungan dari Citra, Semasa dan Kemenparekraf

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Ida Umy Rasyidah