Menu

Wanita Indonesia Bak Penggerak Roda Ekonomi, Prudential Tekankan Pentingnya Tingkatkan Literasi Finansial, Simak Yuk Beauty!

19 Juni 2024 14:55 WIB
Wanita Indonesia Bak Penggerak Roda Ekonomi, Prudential Tekankan Pentingnya Tingkatkan Literasi Finansial, Simak Yuk Beauty!

Bu Karin (Istimewa)

HerStory, Jakarta —

Perusahaan asuransi ternama di Indonesia, PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) secara aktif mendorong pentingnya literasi finansial dan memiliki perlindungan bagi wanita Indonesia sebagai roda penggerak ekonomi Indonesia lho Beauty!

Hal ini sejalan dengan komitmennya untuk menjadi mitra perlindungan teerpercaya bagi keluarga Indonesia.

Sejalan dengan komitmennya untuk menjadi mitra dan pelindung terpercaya bagi keluarga Indonesia, PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) secara aktif mendorong pentingnya literasi finansial dan memiliki perlindungan bagi wanita Indonesia sebagai roda penggerak ekonomi Indonesia. 

Hal ini dilakukan melalui serangkaian edukasi yang telah dilakukan untuk membantu wanita Indonesia semakin berdaya secara finansial, serta mewujudkan keluarga yang lebih sehat dan sejahtera, salah satunya pada acara Kartini Pasar Modal yang diadakan dalam rangka Hari Kartini di Bursa Efek Indonesia beberapa waktu lalu. 

“Prudential Indonesia percaya bahwa perempuan memegang peranan kunci dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Ibu sebagai pengelola keuangan keluarga berperan sangat penting untuk memastikan keuangan keluarganya tetap terkelola dan terencana dengan bijak sehingga keluarga dapat hidup sehat, kebutuhan tercukupi, dan mewujudkan masa depan yang lebih cerah,” ujar Karin Zulkarnaen, Chief Customer & Marketing Prudential Indonesia.

Melalui program literasi keuangan ini Prudential Indonesia perlu terus digaungkan bagi wanita Indonesia, termasuk para wanita bahwa memiliki perlindungan bagi diri mereka sendiri dan keluarga sejak dini sangat penting agar terhindar dari berbagai risiko kesehatan dan finansial yang mungkin muncul ke depannya.

Seperti diketahui, berdasarkan data yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2023, sebanyak 49,4i total 275,7 juta penduduk Indonesia adalah wanita, di mana 64,5% di antaranya adalah pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). 

Di sisi lain, data yang dirilis Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di tahun 2022 menunjukkan bahwa indeks literasi keuangan wanita mengalami peningkatan, dari 36,13% pada tahun 2019 menjadi 50,33% pada tahun 2022. Walaupun begitu, hampir 50% wanita Indonesia masih belum memiliki pemahaman akan manajemen keuangan untuk dirinya sendiri dan keluarga.

Data yang sama juga menunjukkan bahwa 1 dari 3 orang di Indonesia, atau sekitar 31,72%, setuju bahwa punya asuransi penting untuk melindungi diri dan keluarga dari berbagai risiko. 

Meski demikian, hanya 1 dari 100 orang atau 1,4i populasi yang baru memiliki asuransi. Angka ini bahkan lebih rendah dari negara-negara ASEAN lainnya seperti Singapura (12,5%), Thailand (4,6%), dan Malaysia (3,8%).

Melihat adanya tantangan tersebut, Prudential Indonesia telah lebih awal mengambil langkah konkret dengan melakukan serangkaian kegiatan literasi keuangan bagi wanita untuk menjangkau lebih banyak wanita dan memberdayakan mereka dalam hal mengelola keuangan rumah tangga untuk ketahanan keuangan berkelanjutan.

Selain aktif mengedukasi wanita di ibu kota, pada tahun 2023, Prudential Indonesia menyelenggarakan kegiatan edukasi finansial melalui sejumlah program di berbagai wilayah Indonesia, termasuk daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T) seperti Nusa Tenggara Barat, Halmahera Barat, dan Maluku Utara. 

Baca Juga: Prudential Indonesia Gandeng Mandiri Investasi Lahirkan PRULink Rupiah Balanced Income Fund Plus Demi Kenyamanan Nasabah

Baca Juga: Dukung Wanita Melek Kesehatan Finansial Selain Fokus Hidup Sehat, Prudential Indonesia Lakukan Ini Lho Beauty!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan