Menu

Dorong Pelaku Ekraf Optimalkan Pasar Digital, Pameran Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2024 Digelar di 4 Kota! Ada Kotamu Salah Satunya Gak?

23 Juni 2024 14:48 WIB
Dorong Pelaku Ekraf Optimalkan Pasar Digital, Pameran Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2024 Digelar di 4 Kota! Ada Kotamu Salah Satunya Gak?

Pameran Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2024 (Istimewa)

HerStory, Jakarta —

Berlangsung di 4 kota, Pameran Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2024 Tahap 1 digelar sejak 31 Mei hingga 9 Juni 2024 lho Beauty!

Di Tahap 1 ini total terdapat 134 jenama (Bekasi 37, Singkawang 33, Banten 38, Ternate 26) yang menjadi peserta Pameran AKI. Tema pameran tahun ini adalah "Apresiasi Kreasi Indonesia 2024, Bukan Cuma Lokal tapi Mendunia"

Melalui pameran ini, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berupaya meningkatkan jejaring dan kolaborasi antar pelaku industri kreatif, menginspirasi generasi muda, dan mempromosikan produk kreatif lokal agar dapat bersaing di pasar global. 

Untuk bisa bersaing di pasar global, Menterian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno, meyakini penguasaan media digital akan memberikan daya saing serta akses pasar bagi produk lokal. 

“Pengguna media digital (di Indonesia) telah mencapai 221 juta orang. Digitalisasi akan membawa kita semakin dikenal dan mendunia sehingga dapat menciptakan lapangan pekerjaan seluas-luasnya," kata Menparekraf Sandiaga dalam kunjungannya di Pameran AKI Bekasi. 

Lebih lanjut Sandiaga menegaskan jika prertumbuhan pesat teknologi digital adalah peluang unik bagi pelaku ekonomi kreatif. 

Karena dengan memanfaatkan alat digital, bisnis dapat menjangkau pasar yang lebih luas, mengoptimalkan operasional, dan mendorong inovasi Pameran AKI di tiap kota diisi oleh kegiatan yang menggabungkan aspek edukasi, pameran dan hiburan. 

Berikut daftar aktivitas di Pameran AKI; Diskusi (Funtalk / Pentahelix Talkshow), Peragaan Busana, Kegiatan Interaktif Peserta & Pengunjung, Penampilan Musik, Stand-Up,  Penampilan Film Peserta, Demoday Aplikasi dan Gim Peserta.

Pameran AKI 2024 tahap 1 di 4 kota pertama, dibuka dan dihadiri Menterian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno baik melalui kehadiran fisik maupun kehadiran virtual. 

Sandiaga juga berkesempatan mengisi sesi Pentahelix Talkshow, bersama Yuke Sri Rahayu, Direktur Kuliner Kriya Desain Fesyen Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf. 

Tak hanya dari jajaran Kemenparekraf, narasumber yang dihadirkan di setiap sesi diskusi juga kompeten di bidangnya. Seperti; Edho Zell (CEO Social Bread), Gandhi Fernando (Content Creator), Rakhman Azhari (Co-founder Mindblown Studio), Joviana Henza (Fashion Stylist), Ghea Indrawari (Penyanyi), Chef Laode (Master Chef Indonesia season 8), dan Hamdan Yusuf (Videographer of Dodoku Photo).

Dengan semua rangkaian dan tahapan Pameran AKI 2024, para peserta mengaku mendapat banyak manfaat. 

Seperti yang dirasakan Faldi Arifin, owner aplikasi penghubung penjualn dan pembeli pasar tradisional, PASARTERNATE. 

Ia mengaku mendapat peningkatan penjualan sebesar 68am 3 hari pameran, terutama karena adanya demoday yang dihadiri ratusan pengunjung serta pemberian diskon free ongkir belanja. 

“Program AKI sangat membantu komunitas start-up di Maluku Utara untuk lebih dikenal. Saya baru pertama mengikuti program inkubasi seperti ini, dan sangat merasakan manfaatnya, ungkap Faldi.

Lain halnya dengan Irnawati, owner IFAMOY, produsen produk olahan kenari dan rempah dari Maluku Utara. 

Ia mengaku terkesan dengan ilmu yang ia dapatkan saat sesi Bootcamp, karena para coach dan narasumber memberikan insight dan ilmu yang aplikatif untuk bisnisnya. 

“Untuk pamerannya sendiri kami bukan fokus untuk berjualan tapi lebih ke mempromosikan produk, serta mengedukasi pengunjung. Alhamdulillah selama 3 hari kami bisa mengumpulan kurang lebih Rp 2 jutaan,” jelas Irnawati.

Kisah sukses dialami Rinie, owner DEALLOVA SHOES dari Banten. 

Dalam dua hari pertama pameran ia sudah meraup Rp 21 juta, dan mengantongi PO (Purchase Order) Rp 75 juta karena keterbatasan stok barang yang dibawa. 

Baca Juga: Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2024 di Blitar dan Palu Jadi Momentum untuk Tingkatkan Inovasi Lewat Pameran, Simak Yuk Beauty!

Baca Juga: Sandiaga Uno Hadir Kunjungi Pameran AKI Denpasar untuk Dukung Produk UMKM, Simak Yuk Beauty!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan