Menu

Wajib Tahu! Migrain Bisa Menyerang Segala Umur, Apa Sih yang Bisa Dilakukan Jika Kambuh?

27 Juni 2024 16:25 WIB
Wajib Tahu! Migrain Bisa Menyerang Segala Umur, Apa Sih yang Bisa Dilakukan Jika Kambuh?

dr. Andre dari Rumah Sakit Pondok Indah Grup (HerStory/Azka Elfriza)

HerStory, Jakarta —

Beauty, kamu merasa gak sih bahwa migrain yang kambuh sangat tak kenal umur dan bisa menyerang kapan saja? Siapa sangka, ternyata nyeri kepala ini biasanya datang di usia 20-40 tahun lho dan puncaknya saat umur 30 tahun yang mana masih termasuk usia produktif. 

Nah, menurut dr. Andre Sp. N, semakin bertambahnya usia migrain jarang ditemukan. Namun, bagi kaum wanita wajib hati-hati karena migrain lebih sering menyerang karena perubahan hormonal yang terjadi.

"Migrain sering terjadi pada wanita karena perubahan hormonalnya namun seiring bertambahnya usia akan menurun," jelas dr. Andre dalam Media Interview RS Pondok Indah Group, Selasa (25/6/2024).

Gak cuma itu saja, ternyata ada pula jenis migrain kronis lho Beauty!

Biasanya, migrain kronis ini terjadi selama setidaknya 15 hari tiap bulan, selama 3 bulan atau lebih.

Bahkan, gejalanya pun bisa berubah-ubah begitu pula tingkat keparahan dan nyerinya. Biasanya, migrain kronis terjadi karena penggunaan obat yang berlebihan

Apakah migrain kronis bisa sembuh?

Menurut pemaparan dr. Andre, penderita migrain kronis harus cepat mencari pertolongan ke dokter dan tak bisa hanya mengonsumsi obat biasa saja.

"Jika sudah terlalu sering kambuh memang sudah harus mencari pertolongan ke dokter karena penggunaan obat-obat warung untuk jangka panjang justru akan dapat meningkatkan risiko kekambuhan," jelasnya.

Jika kamu ke dokter, akan dilakukan treatment berupa perhitungan seberapa sering migrain kambuh dan dicari tahu pencetusnya oleh ahli untuk mencegah agar sakit kepala tak lagi kambuh.

Gak cuma itu saja, jika kamu langsung melakukan konsul ke dokter, bisa juga diberikan penanganan dan obat yang bisa dipakau untuk mengurangi intensiras sakit kepala.

Baca Juga: Bye bye Obat-obatan Warung! Mulai Sekarang Olah Jahe dan 4 Bahan Alami Ini untuk Redakan Migrain, Gampang Diracik di Rumah

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Azka Elfriza

Artikel Pilihan