Menu

Wajib Catat! Hanya dengan Gerakan Salat Diabetes Melitus Bisa Minggat, Gimana Sih Caranya?

03 Juli 2024 12:45 WIB
Wajib Catat! Hanya dengan Gerakan Salat Diabetes Melitus Bisa Minggat, Gimana Sih Caranya?

Perempuan sedang mengaji saat bulan Ramadan. (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Salah satu penyakit yang paling banyak menjadi masalah global adalah diabetes melitus.

Siapa sangka, menurut World Health Orgaization (WHO), sekitar 1,5 juta kematian disebabkan oleh penyakit ini setiap tahunnya lho Moms!

Apa itu penyakit diabetes melitus (DM)?

Dikutip dari laman halodoc, diabetes melitus (DM) merupakan penyakit metabolik yang ditandai oleh peningkatan kadar glukosa (gula) dalam darah. Penyakit ini dapat menyebabkan kerusakan serius pada jantung, ginjal, mata, dan saraf, jika tak terkontrol dengan baik.

Dirujuk dari laman Alodoktor, Diabetes meitus (DM) dibagi menjadi dua tipe. Diabetes tipe 1 terjadi ketika sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang dan menghancurkan sel-sel pankreas yang memproduksi insulin, menyebabkan peningkatan kadar glukosa darah yang pada gilirannya memicu kerusakan pada organ-organ tubuh. Sedangkan, Diabetes tipe 2 terjadi ketika sel-sel tubuh menjadi kurang sensitif terhadap insulin, sehingga insulin yang dihasilkan tak dapat digunakan dengan baik. Kondisi ini juga dikenal dengan istilah resistensi insulin.

Gejala penyakit diabetes melitus (DM)

Adapun gejala utama dari diabetes melitus (DM) yaitu, intensitas buang air kecil yang cukup sering, cepat merasa lapar dan sering merasa haus. Namun, selain dari itu gejala seperti kesemutan, gatal di daerah kemaluan, luka yang sulit sembuh, cepat lelah, mudah mengantuk, dan impotensi pada pria merupakan gejala tambahan yang sering di alami oleh penderita penyakit diabetes melitus.

Lalu bagaimana aktivitas Shalat dapat mencegah Diabetes Melitus?

Salah satu cara mencegah diabetes melitus adalah dengan berolahraga atau aktivitas fisik. Dikutip dari artikel halodoc, olahraga atau aktivitas fisik seperti berjalan kaki, berenang, atau bersepeda, merupakan satu kegiatan yang bisa dilakukan untuk menurunkan kadar gula darah dengan mengubahnya menjadi energi.

Shalat merupakan ibadah wajib bagi umat muslim. Gerakan dalam shalat seperti, berdiri tegak, takbiratul ihram, rukuk, duduk, dan sujud merupakan salah satu aktivitas fisik ringan yang dapat memberikan manfaat kesehatan yang signifikan, terutama bagi penderita diabetes melitus. Gerakan dalam shalat tak hanya membantu meningkatkan aktivitas fisik, tetapi juga dapat berkontribusi dalam menurunkan kadar glukosa darah.

Baca Juga: Penderita Diabetes Wajib Simak! Ini 3 Tips Aman Konsumsi Daging Tanpa Deg-degan, Nomor 1 Sering Dilupakan!

Baca Juga: Gak Cuma Segar, Ini 3 Manfaat Konsumsi Air Jahe saat Perut Kosong, Nomor 2 Bikin Penderita Diabetes Girang!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.