Menu

Berisiko Sebabkan Keguguran, Moms Hamil Jangan Sekali-kali Lakukan Olahraga Ini, Apa Saja?

09 Juli 2024 11:15 WIB
Berisiko Sebabkan Keguguran, Moms Hamil Jangan Sekali-kali Lakukan Olahraga Ini, Apa Saja?

Shandy Aulia (Instagram/shandyaulia)

HerStory, Jakarta —

Moms, saat hamil memang para ibu hamil dianjurkan untuk tetap aktif. Namun, Moms harus tahu jika ada beberapa jenis olahraga yang sangat tak dianjurkan untuk Moms hamil karena berpotensi menyebabkan keguguran. Moms jangan sampai salah informasi, langsung pahami berikut ini seperti dikutip dari Times of India.

1. Angkat beban bisa berisiko abrupsi plasenta

Moms, olahraga angkat beban bisa jadi potensi berbahaya saat kamu hamil. Itu karena mengangkat beban yang bobotnya terlalu berat bisa tingkatkan tekanan intraabdomen yang bisa menyebabkan solusio plasenta.  Kondisi saat plasenta terlepas dari dinding rahim.

Tak mengherankan jika Moms hamil melakukan beban berat maka tinggi risikonya mengalami keguguran dan kelahiran prematur. Maka dari itu, Moms hamil disarankan untuk tak melakukan angkat beban lebih dari 10kg.

2. Aerobik bisa menyebabkan rahim tegang

Jenis olahraga aerobik, mulai dari melompat, berlari, atau kardio yang sangat intens bisa memberikan tekanan pada rahim, otot-otot pendukung, hingga ligamen.

Mengutip dari penelitian dalam Journal of Maternal Fetal & Neonatal Medicine disebutkan jika wanita hamil yang sering aerobik berpeluang besar mengalami kontraksi rahim yang bisa berujung pada keguguran, apalagi di trimester pertama. Dibanding aerobik, Moms bisa pilih berenang atau yoga prenatal agar tubuh tetap bugar tapi tetap aman untuk janin 

3 Olahraga kontak fisik berisiko membentur perut

Beauty, jenis olahraga seperti bola basket, kriket, tinju, dan olahraga lainnya sangat berisiko menimbulkan trauma ke perut yang bisa bikin janin dalam bahaya.

Menurut penelitian  yang dilakukan oleh American College of Obstetricians ang Gynecologists, trauma fisik dari olahraga kontak adalah penyebab utama keguguran.

Baca Juga: Deretan Manfaat yang Akan Beauty Dapatkan Jika Rajin Latihan Beban

Baca Juga: Konsultan Tulang Belakang Spill Cara Merawat Moms Hamil yang Menderita Skoliosis

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.