Apakah kamu sering merasa gugup ketika harus presentasi lewat Zoom atau sekedar memberi sambutan di atas panggung? Tentunya, fenomena ini udah enggak asing lagi bagi sebagian orang.

Berbicara di depan umum memang bukan sesuatu yang mudah, khususnya buat kamu yang sering merasa gugup. Badanmu bisa jadi gemetar dan jantung pun berdegup kencang. 

Enggak hanya itu, kadang di beberapa situasi, orang yang gugup ketika berbicara di hadapan umum bisa mengeluarkan keringat berlebih, dehidrasi, dan lalu pingsan! 

Loh, kok bisa, ya, fenomena ini menjadi se-ekstrem itu? Tentu saja bisa. Menurut kanal Youtube Kok Bisa, survei bahkan membuktikan bahwa berbicara di depan umum itu adalah hal yang paling ditakuti manusia.

Fenomena ini dianggap lebih serem daripada ketinggian, serangga, dan atau kegelapan dan mempunyai namanya sendiri, lho! Kira-kira apa ya sebutan ilmiah untuk fenomena ini?

Baca Juga: Selama Pandemi Selena Gomez Mengalami Anxiety, Begini Pengakuannya

Ya, namanya adalah Glossophobia! Namun, ayo kembali ke pertanyaan awal kita, kenapa sih ngomong di depan umum itu begitu menakutkan?