Nicola Jiang di eCommerce Expo 2024 (istimewa)
Beauty tahukah kamu, berdasarkan studi konsumen yang dilakukan oleh Lazada bersama dengan Milieu Insight pada 2022 di enam negara tempat Lazada beroperasi (Indonesia, Singapura, Filipina, Malaysia, Vietnam, dan Thailand), mengungkap bahwa sejumlah besar pembeli (73%) menganggap belanja online sebagai hal yang tidak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, studi yang sama juga mengungkapkan bahwa 67% pembelanja masih menantikan kampanye mega, termasuk festival belanja tanggal kembar. Lebih lanjut, studi Populix 2023 menunjukkan 91% masyarakat pernah belanja online saat festival belanja tanggal kembar. Studi yang sama juga menunjukkan 5 dari 10 masyarakat mengatakan pasti akan berbelanja di momen kampanye itu.
Bagaimana tidak, berbagai promo dan penawaran digelontorkan oleh banyak brand dan penjual di platform eCommerce, ditambah lagi dukungan dari platform eCommerce, di antaranya dengan berbagai voucher dan penawaran gratis ongkos kirim, memberikan kesempatan bagi para pelanggan untuk mendapatkan barang idaman dengan harga terbaik.
Sebagai salah satu pelopor hari belanja online nasional (Harbolnas), Lazada Indonesia (Lazada) juga merasakan adanya peningkatan penjualan saat festival belanja online dari waktu ke waktu. Karena itulah, Lazada mendorong brand dan penjual yang ada di ekosistem untuk memanfaatkan momentum festival belanja online demi meningkatkan penjualan dengan fokus pada memastikan layanan dan operasional yang unggul.
Chief Operating Officer Lazada Indonesia, Nicola Jiang saat berbicara dalam acara eCommerce Expo 2024 beberapa waktu lalu mengatakan, “Layanan dan operasional yang unggul merupakan landasan untuk pertumbuhan jangka panjang, retensi pelanggan, dan pengembangan bisnis. Karena itulah, sangat
penting bagi para brand dan penjual untuk memastikan layanan dan operasional yang unggul, khususnya pada saat musim festival belanja online di mana pasti terjadi peningkatan traffic ke toko.”
Menurut Nicola, layanan dan operasional yang unggul pasti akan membawa pada kepuasan pelanggan, pembelian berulang, tinjauan (review) yang positif, dan pada akhirnya, terbentuk kepercayaan dan loyalitas pelanggan terhadap produk, brand, ataupun toko penjual. Bagaimanakah layanan dan operasional yang unggul menurut Lazada, khususnya untuk bisa meraup keuntungan berlipat saat festival belanja di eCommerce, terutama jelang festival belanja 10.10 mendatang? Apa yang harus dilakukan saat persiapan, selama, hingga setelah festival belanja online selesai? Simak penuturan Nicola berikut ini.
Perencanaan suplai barang dan strategi optimasi produk andalan yang tepat menjadi hal mutlak yang harus dilakukan penjual. Manfaatkan inventory dashboard yang ada di Seller Center untuk manajemen stok barang secara real time serta mendapatkan data perkiraan permintaan barang. Setelah memastikan tampilan toko dan juga produk bisa menarik pelanggan, rencanakan pemanfaatan fitur promosi berbayar Lazada untuk membantu mempromosikan produkmu secara lebih agresif. Yang terpenting, tentukan strategi harga yang tepat, yang bisa menarik pembeli namun tetap mempertahankan keuntungan.
Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.