Kanker payudara adalah momok yang menakutkan bagi wanita. Melansir dari Health Me Up, (18/03/2021) bersamaan dengan semakin tingginya tingkat kesadaran wanita terhadap bahaya kanker payudara, semakin tinggi pula kasus kanker payudara yang muncul.

Lantas, apa yang bisa dilakukan oleh wanita, untuk bisa menangkal dan mencegah penyakit berbahaya yang satu ini? Ada beberapa langkah mudah yang harus diketahui wanita untuk bisa mencegah kanker payudara, seperti berikut ini.

1. Memahami faktor risiko

Hal yang wajib diketahui oleh semua orang tentang kanker payudara adalah faktor risiko yang mereka miliki. Faktor risiko kanker payudara meliputi usia, gaya hidup, sejarah keluarga, dan terapi radiasi.

Dengan semakin bertambahnya usia, risiko kanker payudara semakin besar. Beberapa gaya hidup seperti kebiasaan merokok, minum alkohol, kelebihan berat badan, dan makan makanan yang tak sehat juga bisa memicu kanker payudara.

Wanita yang memiliki sejarah keluarga terkena kanker juga memiliki risiko lebih tinggi. Begitu juga dengan wanita yang sedang melakukan terapi radiasi di sekitar dada.

Baca Juga: Kabar Baik! Sel Kanker Payudara Akan Mati total Ketika Wanita Menyusui