Banyak cara yang dilakukan para ibu untuk mengecilkan perut setelah melahirkan. Perut yang melar memang menjadi salah satu masalah yang banyak dihadapi oleh wanita baru melahirkan. Tak jarang, keadaan ini membuat krisis percaya diri pada ibu-ibu pasca melahirkan.

Sebenarnya, berat badan ibu sudah berkurang sekitar 3-6 kg setelah melahirkan. Jumlah tersebut akumulasi dari berat bayi, plasenta, darah, dan air ketuban. Hal ini juga secara tidak langsung turut sedikit mengecilkan ukuran perut ibu.

Sayangnya, mengembalikan perut menjadi kencang nggak semudah membalikan telapak tangan. Bagi kebanyakan orang, butuh waktu beberapa bulan untuk menghilangkan lemak yang ada di perut.

Hal ini juga bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor lain seperti genetik, bentuk ukuran tubuh sebelumnya, berapa banyak berat badan naik saat hamil, dan intensitas olahraga yang dilakukan.

Melansir dari berbagai sumber, (19/03/2021) berikut adalah 5 cara mengecilkan perut setelah melahirkan yang bisa Moms coba.

1. Mengurangi porsi makan, tapi makan dengan sering

Porsi makan yang sedikit akan membantu wanita pasca melahirkan untuk membatasi asupan lemak dan kalori supaya nggak menumpuk. Frekuensi yang menjadi rekomendasi dengan porsi sedikit tersebut adalah 3 - 4 kali sehari. Apabila dilakukan secara rutin, maka hasil yang diperoleh juga akan efektif.

2. Perbanyak konsumsi air putih

Fungsi air putih bagi tubuh yaitu sebagai pembersih organ di dalam tubuh. Air putih juga mampu membuat proses pencernaan bekerja baik dan maksimal sehingga mampu membantu mengecilkan tubuh.

Baca Juga: Mengalami Anxiety Pasca Melahirkan? Ini Tips Cara Mengatasinya Ala dr. Daniella Satyasari, Sp.KJ