Beauty, mungkin kalau jerawat di wajah, punggung, atau bahkan bagian dada pernah kamu alami. Tapi, pernahkah di antara kamu yang mengalami timbulnya jerawat di area Miss V? Mungkin sebagian di antara kamu belum pernah mengalaminya atau bahkan baru mendengarnya saat ini. Sebenarnya, apa ya penyebab jerawat yang timbul di area Miss V?

Perlu Beauty tahu kalau jerawat yang muncul di area vagina itu karena infeksi dan bakteri. Meski bukan masalah yang cukup serius, tapi adanya jerawat pada area Miss V sudah pasti bikin kamu enggak nyaman kan? 

Baca Juga: Kamu Suka Pakai Tisu Toilet Usai Pipis? Amankah untuk Kesehatan Miss V?

Beauty, munculnya jerawat pada area Miss V itu enggak selalu jelas penyebabnya. Tapi ada beberapa alasan yang menyebabkan jerawat tersebut muncul pada area vagina. Beauty penasaran? Melansir dari laman Healthline, Senin (30/3/2020), berikut beberapa penyebab di antaranya:

Dermatitis kontak

Jerawat yang muncul di area Miss V kemungkinan disebabkan oleh dermatitis kontak. Apa itu dermatitis kontak? Ini adalah reaksi terhadap sesuatu yang menyentuh kulit. Dermatitis kontak yang terjadi pada alat kelamin bisa diakibatkan karena sensitiv terhadap sesuatu. Misalnya, busa dari sabun yang mengandung pewangi, tisu feminim, pembalut, douches, hingga stimulan penggairah seksual. Intinya, kalau kulit di area Miss V kamu iritasi itu sangat rentan dengan munculnya jerawat.

Folikulitis

Atau mungkin jerawat yang muncuk diakibatkan infeksi folikel rambut karena bakteri. Mencukur rambut kemaluan adalah salah satu penyebab folikulitis terjadi. Hal ini juga bisa menyebabkan iritasi lho, Beauty! 

Baca Juga: Wanita Perlu Tahu! Ini Alasan Kenapa Kamu Enggak Harus Mencukur Rambut Si Miss V

Hidradenitis suppurativa (HS)

Hidradenitis suppurativa juga sering disebut dengan acne inversa, yaitu penyakit kronis kelenjar keringat. Hal ini menyebabkan timbulnya lesi mirip dengan jerawat di sekitar tubuh, termasuk daerah vulva.

Moluskum kontagiosum

Moluskum kontagiosum adalah infeksi virus yang dapat menyebabkan jerawat di seluruh tubuh, termasuk di sekitar alat kelamin. Hal ini bisa disembuhkan melalui obat topikal atau oral atau mungkin kamu bisa pergi ke dokter untuk penanganan yang lebih lanjut.

Nah Beauty, itu tadi keempat penyebab jerawat yang timbul di area Miss V. Perlu kamu ingat, jangan sesekali mencoba memenvet jerawat yang timbul di area Miss V, ya! Hal ini justu dapat menyebarkan bakteri yang membuatmu terinfeksi. 

Semoga bermanfaat!