Beauty, biasanya pa yang bakal kamu lakukan dengan sayuran bayam? Memasaknya kemudian menghidangkannya seperti sup, bukan? Coba deh sesekali kamu membuatnya menjadi olahan jus. Tahu enggak sih kamu jus bayam itu banyak manfaatnya lho! Terutama manfaat bagi kesehatan tubuh, Beauty!

Bayam adalah pembangkit tenaga nutrisi sejati yang kaya akan vitamin, mineral, dan juga antioksidan. Selain mengolahnya menjadi makanan kamu juga bisa membuat minuman dengan bahan dasar bayam. Kaya akan vitamin dan mineral, sudah pasti kalau jus bayam memiliki segudang manfaat bagi kesehatan.

Baca Juga: Bayam, Bisa Buat Kulit Wajah Halus Berseri? Benar Enggak Sih?

Beauty penasaran apa saja manfaat dari jus bayam? Melansir dari laman Healthline, Senin (30/3/2020), berikut lima di antaranya:

Tinggi antioksidan

Beauty, dengan minum jus bayam dapat meningkatkan asupan antioksidan ke dalam tubuh. Antioksidan bekerja untuk menetralkan molekul enggak stabil yang sering disebut dengan radikal bebas. Hal ini bisa melindungi diri dari stres oksidatif dan juga penyakit kronis.

Secara khusus, bayam adalah sumber antioksidan lutein, beta karoten, asam coumaric, violaxianthin, dan asam ferulic yang baik. Sebuah studi menyebutkan, dalam waktu 16 hari minum 240 ml jus bayam bisa mencegah kerusakan oksidatif pada DNA.

Meningkatkan kesehatan mata

Kandungan lutein dan zeaxanthin di dalamnya, sangat diperlukan untuk menjaga agar penglihatan tetap sehat. Beberapa penelitian menunjukkan kalau senyawa ini membantu melindungi terhadap degenerasi makula terkait usia, suatu kondisi umum yang dapat menyebabkan hilangnya penglihatan progresif. 

Apalagi, jus bayam itu terkenal kaya akan vitamin A, yang penting untuk kesehatan mata. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan mata kering hingga kebutaan. 

Menurunkan pertumbuhan sel kanker

Manfaat selanjutnya ialah dapat menurunkan pertumbuhan sel kanker. Sebuah studi pada tikus selama dua minggu menunjukkan , jus bayam mengurangi volume tumor kanker usus sebesar 56 persen. Studi kasus lainnya menunjukkan, senyawa pada bayam bisa meningkatkan efek terapi radiasi untuk membunuh sel-sel kanker pankreas. 

Selain itu, penelitian pada manusia menunjukkan kalau lenih banyak mengonsumsi sayuran hijau dapat menurunkan risiko kanker paru-paru, prostat, payudaram dan kanker usus besar. Banyak banget kan manfaatnya!

Mengurangi tekanan darah

Jus bayam itu kaya akan nitrat, sejenis senyawa yang dapat melebarkan pembuluh darah. Hal ini juga bisa menurunkan tekanan darah dan meningkatkan aliran darah. Selain kaya akan nitrat, bayam juga dikenal akan kandungan kalium di dalamnya. Kandungan tersebut juga bisa meningkatkan aliran dan mengurangi tekanan darah

Membuat rambut dan kulit tetap sehat

Kalau Beauty mau punya rambut yang sehat dan terawat, coba rutin minum jus bayam deh! Di dalamnya terkandung vitamin A yang mampu membantu mengatur pembentukan sel kulit. Selain itu, juga menghasilkan lendiri untuk melindungi terhadap infeksi.

Di samping itu, studi menunjukkan kalau vitamin C melindungi kulitmu dari stres oksidatif, peradangan, dan kerusakan kulit lainnya. Jus Bayam juga mampu membantu mensintesis kolagen, protein jaringan ikat yang bisa menyembuhkan luka dan juga meningkatkan elasitas kulit.

Semoga bermanfaat!