Kanker payudara adalah salah satu penyakit yang sering ditemui pada wanita. Penyakit ini biasanya ditemukan pada wanita yang telah mengalami haid. Tak jarang, kanker payudara juga ditemukan pada wanita yang sedang hamil.

Menanggapi hal ini, dr. Sonar Soni Panigoro, SP. B(K)Onk.,M.Epid., MARS mengatakan bahwa kanker payudara memang bisa menjangkiti siapa saja termasuk wanita hamil. Selain itu, tidak ada gejala kanker payudara yang khas pada ibu hamil. Kanker payudara biasanya ditandai dengan adanya benjolan pada payudara.

Namun, ibu hamil bisa saja mengalami benjolan pada payudara akibat stimulasi hormonal. Kondisi ini terjadi ketika payudara menyiapkan produksi ASI sehingga secara hormonal akan ada benjolan pada payudara. Lalu apa bedanya benjolan yang normal dengan benjolan kanker payudara?

Moms bisa melakukan pengecekkan mandiri dengan meraba benjolan tersebut. Jika benjolan tersebut tumbuh dengan cepat dan agak keras, maka Moms patut waspada.

"Ciri-ciri kanker (benjolan) tumbuh lebih cepat ketimbang kelenjar hormonal. Sel-sel lebih padat dan kalau diraba keras," ujar dokter spesialis bedah onkologi itu.

Untuk memastikan secara klinis apakah benjolan tersebut sel kanker atau bukan, dokter akan melakukan biopsi atau bahkan USG. Jika perlu, dokter juga akan menyarankan pemeriksaan lanjutan untuk melihat tipe kankernya.

Baca Juga: Labil dan Sensitif, Ini yang Harus Suami Pahami Ketika Menghadapi Bumil