Menstruasi yang normal dialami wanita berlangsung selama kurang lebih satu minggu dalam sebulan. Selain melihat periode menstruasi, ternyata kesehatan reproduksi wanita juga bisa diketahui melalui darah yang keluar saat masa menstruasi.

Saking pentingnya memperhatikan warna darah yang keluar saat menstruasi, American College of Obstetricians and Gynecologists bahkan baru-baru ini menganggap menstruasi sebagai tanda vital kelima yang harus dipertimbangkan saat mengevaluasi kesehatan wanita. Warna apa pun selain merah berpotensi menjadi cara tubuh untuk menunjukkan kesehatan seorang wanita.

Berikut ini penjelasan mengenai warna darah dengan kondisi kesehatan wanita, simak sampai habis ya!

1. Merah Terang

Seperti diketahui bahwa darah menstruasi bukanlah jenis darah yang sama dengan yang kamu lihat saat tangan terluka. Jadi darah menstruasi tak akan terlihat semerah jenis luka di kulit.

Akan tetapi, warna darah menstruasi yang normal akan tampak sebagai warna merah segar dan sehat, seperti stroberi segar. Ketika darah menstruasi berwarna merah terang itu berarti tubuh menjaga keseimbangan sempurna antara estrogen dan progesteron, dan semua organ tubuh bekerja sebagaimana mestinya. Darah menstruasi menunjukkan kamu dalam keadaan sehat.

2. Merah Muda

Arti darah menstruasi berwarna merah muda terang menunjukkan kadar estrogen yang rendah. Hal ini biasanya terjadi pada wanita yang sangat atletis atau terus-menerus berolahraga, mengalami penurunan berat badan yang signifikan dalam waktu singkat, atau melakukan diet ketat.

Jika kamu mengalami menstruasi yang super ringan kemungkinan karena kekurangan vitamin dan nutrisi, yang dapat membuat tulang dan jantungmu berisiko terkena osteoporosis dan jantung. Untuk itu, cobalah makan lebih banyak camilan kaya protein seperti yogurt Yunani atau almond, dan konsultasikan dengan dokter.

Baca Juga: Saat Menstruasi, Mengapa Wanita Jadi Lebih Bergairah Secara Seksual Ya?