Ketika memiliki kesempatan untuk bermesraan dengan suami, tentu ingin memaksimalkan momen tersebut. Dengan begitu, para suami pun berlomba-lomba melakukan segala cara agar bisa tahan lama di ranjang untuk memuaskan sang istri. Salah satunya dengan mengonsumsi obat-obatan

Sebenarnya tak ada aturan mengenai berapa lama seks seharus berlangsung, tetapi umumnya pria khawatir jika mengalami ejakulasi dengan waktu yang cepat. Jika ingin kuat di ranjang, berikut ini cara yang dapat dilakukan tanpa menggunakan obat:

Fokus pada Pemanasan

Beberapa pria percaya bahwa penetrasi adalah hal yang paling penting, bahkan bagian yang menentukan dalam seks. Namun, jika ingin memiliki durasi yang lama di ranjang pria sebaiknya tak hanya berfokus pada penetrasi. Sebelum bercinta, sebaiknya fokus melakukan foreplay atau pemanasan.

Foreplay dapat mencakup sentuhan, ciuman, dan seks oral. Melakukan pemanasan terakhir dapat meningkatkan pengalaman seksual semua orang yang terlibat. Foreplay mungkin sangat penting bagi wanita. Sebuah studi tahun 2017 menemukan bahwa sangat sedikit wanita (18 persen) mengalami orgasme hanya dari hubungan seksual. Menurut temuan yang sama, 36,6 persen wanita mengatakan bahwa rangsangan klitoris diperlukan untuk orgasme selama hubungan seksual.

Hindari Stres dan Cemas

Kecemasan dan stres dapat membuat pria sulit mendapatkan atau mempertahankan ereksi. Perasaan ini juga dapat mengalihkan perhatian dari keintiman seksual. Jika seorang pria merasa cemas tentang bagaimana dia akan melakukan hubungan seksual, dia mungkin merasa kurang bersemangat tentang seks.

Strategi untuk mengelola kecemasan dan stres, seperti lebih fokus pada sensasi fisik daripada kinerja seksual, rutin berolahraga, serta memiliki waktu tidur yang cukup

Berhenti merokok

Merokok dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan masalah terkait jantung lainnya yang menyebabkan masalah ereksi. Merokok juga secara independen terkait dengan disfungsi ereksi. Analisis tahun 2015 terhadap 13 studi tentang merokok dan kinerja seksual menemukan bahwa berhenti merokok sering kali meningkatkan fungsi seksual dan mengurangi disfungsi ereksi.

Baca Juga: Belum Banyak yang Tahu, Ini 4 Makanan Khas NTT yang Terbuat dari Jagung