Menu

Menelik Manfaat Lain dari Buah Pisang, Bisa Menurunkan Berat Badan Lho!

31 Maret 2020 16:10 WIB
Menelik Manfaat Lain dari Buah Pisang, Bisa Menurunkan Berat Badan Lho!

Banana fruit (Unsplash/Lucian Alexe)

HerStory, Jakarta —

Beauty, siapa sih yang enggak suka buah pisang? Rasanya yang lezat juga mendulang sejumlah manfaat bagi kesehatan di dalamnya. Buah pisang mengandung beberapa nutrisi penting dan memberikan manfaat untuk pencernaan hingga bisa membuat berat badan jadi turun lho!

Pas banget, lagi physical distancing dan #dirumahaja jadi momen yang tepat kalau di antara Beauty berniat menurunkan berat badan. Pisang bisa menjadi buah alternatif yang bisa kamu tambahkan ke menu dietmu, Beauty.

Enggak cuma bikin berat badan jadi berkurang aja, banyak lho manfaat lain dari buah khas Asia Tenggara ini. Melansir dari laman Healthline, Selasa (31/3/2020), berikut lima manfaat di antaranya:

Baca Juga: Makan Buah Pisang Bisa Tangkal Virus Corona, Benar Enggak Sih?

Mengandung banyak nutrisi penting

Buah pisang mengandung cukup banyak serat dan juga antioksidan. Beauty perlu tahu, satu pisang berukuran sedang itu di dalamnya memiliki beragam nutrisi penting. Mulai dari kalium, vitamin B6, vitamin V, magnesium, tembaga, mangan, karbohidrat, serat, protein, hingga lemak.

Pisang hanya memiliki sekitar 105 kalori dan hampir seluruhnya mengandung air dan juga karbohidrat. Pisang mengandung protein yang sangat sedikit dan hampir enggak mengandung lemak.

Membantu menurunkan kadar gula darah

Kandungan pektin dan pati resisten dapat memoderasi gula darah setelah makan dan mengurangi nafsu makan dengan memperlambat pengosongan lambung. Pisang juga memiliki peringkat indeks glikemik rendah hingga sedang, skala 0-100.

Nilai GI pisang mentah 30, sedangkan pisang matang sekitar 60. Ini berarti pisang enggak menyebabkan lonjakan besar kadar gula darah pada orang sehat.

Meningkatkan kesehatan pencernaan

Pisang mengandung dua jenis serat utama, yakni pektin dan pati resisten. Pisang cukup kaya akan serat dan pati resisten yang sangat ramah dengan usu. Oleh karena itu, pisang dapat melindungi tubuh dari kanker usus besar.

Menurunkan berat badan

Buah pisang dapat membantu penurunan berat badan karena rendah kalori da tinggi akan nutrisi serta serat. Enggak cuma itu, pisang rata-rata memiliki lebih dari 100 kalori, namun sangat bergizi dan juga mengenyangkan. Pisang mentah yang juga dikemas dengan pati resisten cenderung membuat perut cepat kenyang dan juga mengurangi nafsu makan. 

Membuat jantung sehat

Pisang adalah sumber makanan yang kaya akan kaliuum dan magenesium di dalamnya. Yang mana merupakan dua nutrisi penting yang baik untuk kesehatan jantung. Diet kaya kalium juga dapat membantu menurunkan tekanan darah. Orang yang makan banyak kalium memiliki risiko hinggan 27% lebih rendah terkena penyakit jantung.

Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Rentan Serang Wanita, Yuk Kenali Penyakit Kista! Penyebab hingga Jenisnya…

Baca Juga: Scalp Scrub: Enggak Cuma Wajah, Kulit Kepala Juga Butuh di Scrub Lho!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Witri Nasuha