Menu

Makan Buah Pisang Bisa Tangkal Virus Corona, Benar Enggak Sih?

31 Maret 2020 14:30 WIB
Makan Buah Pisang Bisa Tangkal Virus Corona, Benar Enggak Sih?

Buah Pisang (Pinterest/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Beauty, di tengah kekhawatiran masyarakat dalam melawan pandemi virus Corona, masih saja banyak informasi palsu mengenai pencegahan virus yang beredar. Beberapa waktu lalu sempat pula beredar sebuah video yang mengatakan kalau buah pisang dapat menangkal dan melindungi tubuh agar enggak terinfeksi virus Corona.  

Dalam video yang beredar di laman sosial media ini, memperlihatkan para ilmuwan dan peneliti Australia berlomba dalam mengembangkan vaksin untuk virus Corona. Beredar pula sebuah pesan melalui Messenger yang menjelaskan gambaran isi video tersebut.

Baca Juga: Heboh Penggunaan Kalung Antivirus Tangkal Corona, Emangnya Ampuh? Begini Kata Dokter!

"Pisang adalah salah satu buah paling populer di seluruh dunia. Orang yang mengikuti diet serat memiliki risiko lebih rendah karena penyakit kardiovaskular. Pisang mengandung air dan serat, yang keduanya meningkatkan keteraturan dan mendorong kesehatan pencernaan. penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan dari University of Queensland di Australia telah membuktikan bahwa pisang meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena sumber super vitamin B6 dan membantu mencegah virus Corona. Mengonsumsi pisang dalam sehari, membuat virus Corona menjauh," isi pesan tersebut seperti dikutip dari laman rappler.com, Selasa (31/3/2020).

Setelah melakukan klarifikasi, Rappler menemukan fakta sesungguhnya dan informasi mengenai pisang dapat menangkal virus Corona adalah hoax alias hanya kabar burung. Universitas Queensland yang disebut telah melakukan penelitian tersebut menyanggah pernyataan tersebut dan mengatakan kalau video itu palsu.

"Video itu palsu dan kami akan sangat mencegah orang dari berbagi informasi ini. Kami menyarankan kamu untuk berbagi keprihatinan dengan platform media sosial," kata salah satu tim penelitian kepada Rappler.

Baca Juga: Katanya Kunyah Daun Sirih Bisa Cegah Virus Corona? Ternyata Ini Lho Khasiatnya!

Ternyata video yang sempat viral tersebut adalah dua video berbeda yang diedit menjadi satu klip. Di dalam video yang sebenarnya, memang para peneliti di Australia tengah berusaha membuat vaksin untuk virus Corona. Tapi, dalam video tersebit enggak sama sekali membahas soal buah pisang.

Pisang memang merupakan sumber bitamin B6 yang baik, tetapi enggak ada bukti bahwa pisang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang. Selain itu, enggak ada bukti pula yang mengatakan kalau pisang dapat mencegah penyakit yang disebabkan oleh virus Corona.

World Health Organization (WHO) juga mengatakan, belum ada obata khusus yang direkomendasikan untuk mencegah atau mengobati pasien yang terinfeksi virus Corona. Menurut WHO dan CDC, langkah perlindungan yang paling efektif mencegah penularan virus ialah dengan mencuci tangan, jaga jarak, menghindari menyentuh wajah, dan mempraktikan kebersihan yang tepat ketika batuk atau bersin.

Baca Juga: 5 Fakta Tentang Virus Corona yang Perlu Kamu Tahu

Baca Juga: Sedang Hamil, Andien Sekeluarga Santai Liburan ke Hong Kong! Warganet: Was-Was Corona!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Witri Nasuha