Menu

Mengintip Perjalanan Michelle Hadip, Desainer Muda Indonesia yang Sukses di Panggung The Runway

07 Mei 2025 21:48 WIB
Mengintip Perjalanan Michelle Hadip, Desainer Muda Indonesia yang Sukses di Panggung The Runway

Michelle Hadip (istimewa)

HerStory, Jakarta —

Michelle Hadip, desainer muda asal Indonesia yang pernah tampil di New York Indonesia Fashion Week 2022 dan Milan Fashion Week 2024, kembali unjuk karya di panggung The Runway, Hotel Hemangini, Bandung, pada 3 Mei 2025.

Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara Bandung Fashion Society dengan New York Indonesia Fashion Week, untuk memfasilitasi para desainer agar dapat semakin luas memperkenalkan brand-nya serta membangun relasi lebih luas, baik dengan pembeli maupun desainer lainnya. Tiga puluh dua orang desainer dari Bandung, Jakarta, maupun Amerika turut berpartisipasi menampilkan karya-karya mereka pada acara ini.

“Senang dan bangga bisa tampil bersama 31 desainer lain di panggung The Runway,” kesan Michelle. 

Tema busana yang diusung Michelle dalam panggung  The Runway bertajuk sebuah perbandingan manis antara kelembutan dan ketegasan, yang terinspirasi dari femininitas dan kekuatan wanita. Koleksi ini menggambarkan gaya kantoran klasik yang modis tetapi tentunya dengan sentuhan gaya yang sedikit berbeda. Nuansa yang ingin ditampilkan adalah “Fresh, chic and playful” , yang sesuai dengan pangsa pasar brand Michelle Hadip, yaitu wanita remaja dan dewasa muda.

Dengan bahan katun drill yang sedikit kaku dan satin yang halus, perpaduan warna kuning yang menggambarkan semangat dan kehangatan serta warna merah muda yang mengingatkan kita pada kesederhanaan dan keanggunan wanita, tentunya akan membawa daya tarik tersendiri bagi pemakainya.

Dalam kesempatan itu, Michelle memamerkan 6 koleksi busana.  Ia membutuhkan waktu sekitar 2 bulan untuk merancang dan menyelesaikan karyanya sehingga siap dipamerkan di ajang The Runway. 

Sebagai remaja berusia 16 tahun dan masih duduk di kelas 1 SMA, tentunya bukanlah hal mudah untuk membagi waktu. “Saat itu agak sibuk karena waktunya kebetulan bersamaan dengan persiapan pertunjukkan drama sekolah, di mana aku juga menjadi koordinator tim kostum dan meke up, serta panitia sponsorship. Mengenai desain, kesulitannya adalah bagaimana mendesain busana semiformal modern yang unik namun tetap melambangkan ciri khas brand Michelle Hadip,” imbuh Michelle yang mengidolakan desainer Coco Chanel & Dior.

Pesan yang ingin disampaikan oleh Michelle melalui koleksi busana yang ia tampilkan di The Runway yaitu “Jangan takut untuk mencoba hal baru yang menyenangkan dan jadilah versi terbaik dari dirimu.” Michelle berharap semakin banyak generasi muda Indonesia, terutama kaum wanita, yang mau dan mampu berkarya dan berprestasi di berbagai bidang, dengan tetap menunjukkan jati diri dan keunikan mereka masing-masing.

Tentunya sebagai anak muda, ia belum cukup merasa puas untuk mengembangkan diri. “Aku ingin terus belajar lebih banyak tentang industri fashion, membuat koleksi-koleksi busana lain dengan style yang berbeda untuk memantapkan identitas brand,” harap Michelle. 

Gadis cantik ini juga memiliki pesan untuk para remaja di luar sana yang juga ingin meniti karir sebagai desainer seperti dirinya. “Teruslah menggali potensi dengan mengeksplorasi hal-hal baru, membangun relasi dan mencari pengalaman sebanyak-banyaknya, berusaha seoptimal mungkin menghasilkan karya-karya terbaik yang sesuai dengan pribadi dan ciri khas masing-masing,” tutup Michelle yang sudah memulai karirnya sebagai desainer busana pada usia 9 tahun ini.

Baca Juga: Ramadan Runway 2025 Hadir dengan Nuansa Ramadan di Mesir, Dorong Putaran Ekonomi Fashion dan Sokong UMKM!

Baca Juga: MUFFEST+ 2025 Diharapkan Bisa Dukung Produk Lokal Makin Mendunia

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Ida Umy Rasyidah

Artikel Pilihan