Dibanding anak yang tak suka makan, ibu pasti lebih senang dengan anak yang makan banyak. Makan banyak dikaitkan dengan badan berisi yang membuat bayi terlihat lucu. Namun jangan sampai anak terlalu banyak makan. Ibu juga harus tahu kapan anak merasa kenyang.

Untuk itu, Moms harus mengeatahui ukuran makan yang benar agar anak tak terlalu banyak makan. Berikut adalah tips mengukur pola makan anak berdasarkan Academy of Nutrition and Dietetics, seperti dilansir dari The Stir (24/03/2021).

1. Mulailah dengan takaran kecil

Moms harus ingat kalau lambung anak nggak sebesar orang dewasa. Lambung mereka sama besarnya dengan kepalan tangan mereka sendiri. Sistem pencernaan juga belum berkembang sempurna seperti orang dewasa. Untuk itu, berikan porsi yang sesuai dan cocok untuk ukuran lambung mereka. Lebih baik membuat mereka minta makan lagi daripada membiasakan mereka terlalu banyak makan.

2. Tahun = sendok

Saran yang diberikan adalah untuk memberikan takaran sesuai dengan usia mereka. Jumlah tahun sama dengan jumlah sendok makan per item. Misalkan anak berusia tiga tahun, maka takaran yang tepat adalah tiga sendok ikan, tiga sendok brokoli, tiga sendok nasi, dan lainnya. Meski terlihat sangat sedikit namun takaran ini membiasakan cara makan sehat pada anak.

Baca Juga: Terapkan Pola Makan dan tidur Teratur Demi Tumbuh Kembang Si Kecil!