Ada beberapa beberapa tanda yang orang tua terkait kerusakan gigi anak. Kerusakan gigi adalah masalah yang sangat umum pada anak kecil yang sering kali luput dari perhatian.

Sebagaimana didefinisikan oleh Raising Children, kerusakan gigi adalah penyakit mulut terkait pola makan yang dapat sangat merusak gigi. Itu terjadi ketika kuman di dalam mulut seseorang menciptakan bakteri yang disebut plak, yang merupakan penutup lengket di permukaan gigi.

Menurut WebMD, ada banyak penyebab di balik plakat tersebut. Contohnya adalah gula pada makanan dan minuman seperti permen, kue, dan minuman ringan. Sering kali, kerusakan gigi sulit dikenali. Oleh karena itu, sangat penting bagi orang tua untuk memantau kesehatan gigi anak.

Jika orang tua curiga buah hatinya mengalami kerusakan gigi, segera konsultasikan dengan dokter gigi. Namun, sebelumnya 
ketahui beberapa tanda yang harus diperhatikan untuk mengenali kerusakan gigi pada anak:

1. Anak Merasa Nyeri di Bagian Mulut dan Gigi

Penumpukan plak dapat merusak permukaan gigi hingga ke pulpa. Itu bisa juga menyebabkan infeksi bakteri, abses, dan noda kuning karena karang gigi.

Dengan begitu, si kecil mungkin mengeluh tentang rasa sakit dan ketidaknyamanan di area mulutnya, terutama saat dia makan atau minum minuman panas dan dingin. Ketidaknyamanan tersebut juga dapat memicu sakit kepala, yang dapat memengaruhi aktivitasnya sehari-hari.

Baca Juga: Masih Banyak yang Belum Tahu Lho Moms, Ini Cara Membangun Hubungan yang Kuat dengan Anak