Menu

Memiliki Kandungan yang Bermanfaat untuk Tubuh, Apa Benar Nanas Bisa Turunkan Berat Badan?

01 April 2020 15:00 WIB
Memiliki Kandungan yang Bermanfaat untuk Tubuh, Apa Benar Nanas Bisa Turunkan Berat Badan?

Buah Nanas. (Unsplash/Pineapple Supply Co.)

HerStory, Jakarta —

Beauty apakah kamu suka makan buah? Jika iya, pasti kamu pernah mencoba makan buah nanas dong. Nanas lebih dari sekedar buah tropis yang rasanya lezat. Kandungan vitamin dalam buah nanas juga memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh.

Faktanya, buah berwarna kuning ini telah digunakan dalam pengobatan tradisional sejak zaman kuno, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada bulan September 2016 dalam Biomedical Reports.

"Nanas adalah sumber vitamin C, vitamin B, serat, dan mineral seperti mangan," kata Julie Andrews, RDN, seorang koki yang berbasis di Appleton, Wisconsin.

Jackie Newgent, RDN, ahli gizi kuliner yang berbasis di New York City dan penulis The All-Natural Diabetes Cookbook mengatakan nutrisi yang menonjol dalam kandungan nanas adalah vitamin C yang mendukung sistem kekebalan tubuh dan memberikan manfaat antioksidan. 

Baca Juga: Menelik Manfaat Lain dari Buah Pisang, Bisa Menurunkan Berat Badan Lho!

Enggak hanya itu, mungkin kamu pernah mendengar bahwa nanas dapat menurunan berat badan. Meskipun tak ada banyak bukti untuk mendukung klaim itu, ada sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan diterbitkan pada bulan April 2018 dalam Food Science and Biotechnology menemukan bahwa jus nanas dapat membantu mengurangi pembentukan lemak dan meningkatkan pemecahan lemak.

Jika nanas tak berfungsi untuk menurunkan berat badan, seenggaknya nanas bisa kamu jadikan pilihan untuk camilan. Nanas memiliki kalori yang rendah, tinggi vitamin dan mineral penting. Di dalamnta juga enggak ada lemak jenuh atau lemak trans.

"Tidak ada buah atau sayuran tertentu yang secara langsung menyebabkan penurunan berat badan, tetapi mereka akan membantu Anda kenyang tanpa mengemas kalori. Jadi orang cenderung makan lebih sedikit kalori secara keseluruhan jika mereka mengonsumsi beberapa cangkir buah dan sayuran setiap hari sebagai bagian dari diet seimbang. Nanas lebih rendah kalori daripada makanan manis lainnya, jadi jika kamu menikmati satu porsi nanas versus es krim untuk hidangan penutup malam, kamu mungkin mengonsumsi lebih sedikit kalori dan akhirnya dapat menurunkan berat badan," kata Colleen Christensen, RD, seorang ahli diet yang berbasis di Grand Rapids, Michigan.

Baca Juga: Ternyata Menangis Bisa Menurunkan Berat Badan Lho!

Selain itu, menurut Mayo Clinic, nanas juga menghasilkan serat yang dapat membantu mengontrol kadar gula darah dan membantu kamu untuk makan lebih sedikit karena membuat tubuh merasa kenyang.

Baca Juga: Anak Susah Makan Buah? Ini Risiko yang Mengintai si Kecil dan Solusi yang Bisa Dilakukan, Catat Ya Moms!

Baca Juga: Gak Cuma Tidur, 6 Jenis Istirahat Ini Terbukti Sangat Baik untuk Kesehatan Tubuh dan Mentalmu Beauty, Yakin Gak Mau Coba?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Nada Saffana