Menu

Mampu Cegah Kanker Payudara! Ternyata Akibat Likopen, Kandungan Ajaib yang Ada dalam Tomat

01 April 2020 16:00 WIB
Mampu Cegah Kanker Payudara! Ternyata Akibat Likopen, Kandungan Ajaib yang Ada dalam Tomat

Tomat. (Unsplash/Vince Lee)

HerStory, Jakarta —

Tomat merupakan salah satu jenis buah yang memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Kandungan di dalamnya digadang-gadang mampu mencegah penyakit kanker lho Beauty. Ternyata manfaat yang dimiliki tomat terdapat dari kangdungan likopen.

Menurut sebuah studi kecil baru yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism tomat dapat membantu melindungi tubuh terhadap kanker payudara. Tomat dapat mengatur hormon yang mengontrol metabolisme lemak dan gula serta salah satu yang dapat meningkatkan risiko kanker payudara jika kamu kekurangan di dalamnya.

Baca Juga: Katanya 5 Makanan Ini Berpotensi Bisa Cegah Kanker Payudara, Benar Enggak Ya?

Para peneliti dari Rutgers University mengamati efek dari diet yang kaya tomat dan diet kaya akan kedelai pada 70 wanita pascamenopause. Peneliti menemukan bahwa diet tomat menghasilkan peningkatan 9% hormon adiponectin, level tinggi yang terkait dengan pengurangan risiko obesitas, diabetes dan kanker payudara.

Selama 10 minggu, para wanita makan produk tomat yang mengandung setidaknya 25 miligram likopen yang juga diikuti 10 minggu mengkonsumsi setidaknya 40 gram kedelai setiap hari.

"Keuntungan mengonsumsi banyak tomat dan produk berbasis tomat bahkan untuk jangka waktu pendek, jelas terbukti dalam temuan kami. Makan buah-buahan dan sayuran, yang kaya akan nutrisi penting, vitamin, mineral dan fitokimia seperti likopen, memberikan manfaat yang signifikan," kata penulis studi Adana Llanos, PhD, asisten profesor epidemiologi di Rutgers University, dalam sebuah pernyataan.

Baca Juga: Jangan Diremehkan! Ini Gejala-Gejala Tak Terduga Kanker yang Perlu Kamu Ketahui

Nina Eng, RD, ahli diet terdaftar di Plainview Hospital di Plainview, N.Y., mengatakan likopen adalah antioksidan yang berarti dapat membantu melindungi tubuh terhadap kerusakan sel yang mungkin menyebabkan kanker. Beberapa penelitian menunjukkan likopen membantu pencegahan kanker prostat.

"Temuan ini tidak mengejutkan saya. Semua bukti yang kami miliki sejauh ini menunjukkan bahwa makan makanan nabati yang tinggi buah-buahan dan sayuran adalah pilihan terbaik yang kami miliki untuk mengurangi risiko kanker payudara, dan studi ini hanya terkait dengan itu," kata Nina Eng.

Selain tomat, likopen ditemukan dalam warna oranye, merah dan buah-buahan dan sayuran, seperti wortel, labu, dan kentang manis.

Baca Juga: Mengenal Tumor Payudara yang Pernah Diidap Kesha Ratuliu, Simak Baik-Baik Ya!

Myra Barginear, MD, seorang ahli kanker di North Shore-LIJ Cancer Institute di Manhasset, N.Y., memperingatkan bahwa temuan itu bukan berarti menunjukkan bahwa makan tomat akan mengurangi risiko kanker secara menyeluruh.

"Kami tidak tahu pasti apakah hal itu berarti mengurangi risiko kanker payudara, tetapi mengingat bahwa tingkat adiponektin yang rendah terkait dengan peningkatan risiko kanker payudara, kemungkinan peningkatan kadar itu akan memberikan efek sebaliknya," kata Myra.

Baca Juga: Gak Cuma Tidur, 6 Jenis Istirahat Ini Terbukti Sangat Baik untuk Kesehatan Tubuh dan Mentalmu Beauty, Yakin Gak Mau Coba?

Baca Juga: Sering Dikonsumsi, Ini 3 Makanan Ini Bisa Picu Sel Kanker Payudara Moms, Semuanya Banyak Digandrungi Wanita, Kamu Juga Nggak Moms?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.