Sudah jadi rahasia umum bahwa rutin mengonsumsi sayuran akan menuaikan manfaat untuk tubuh. Di dalam sayuran, banyak kandungan vitamin yang baik, salah satunya untuk tumbuh kembang anak.

Namun, sayangnya banyak anak-anak yang enggan mengonsumsi sayur. Ciri khas sayuran, terutama sayuran hijau dan silangan, adalah rasanya yang agak pahit. Rasa pahit ini disebabkan oleh kandungan kalsium, serta adanya senyawa bermanfaat seperti fenol, flavenoid, isoflavon, terpene, dan glukosmolat.

Tapi, jangan khawatir ya Moms! Berikut ini cara yang bisa dilakukan oleh para orang tua agar anaknya bisa menyukai sayuran:

Kombinasikan Sayur dengan Dipping Sauce

Anak-anak sudah menyukai saus celup seperti saus tomat. Jadi masuk akal jika mereka menikmati sayuran mereka dengan saus. Ditambah sayuran akan tetap enak dan renyah meski dikombinasikan dengan dipping sauce. Ada banyak resep saus di internet yang bisa dibuat.

Buat Sayur Terlihat Menyenangkan

Cara lain agar anak suka makan sayuran adalah dengan membuatnya terlihat menyenangkan! Misalnya, moms dapat menggunakan pemotong kue untuk membuat bentuk yang menyenangkan. Moms juga dapat mencari resep Bento Box yang berisi sayuran yang menggemaskan. Dengan membuatnya terlihat lebih menarik, anak-anak akan lebih tertarik untuk memakan sayuran.

Baca Juga: Si Kecil Menolak Makan Sayur? Ini Trik Mengatasinya