Tentu semua orang ingin memiliki hubungan yang baik. Salah satu cara untuk menciptakan hubungan yang baik adalah dengan menjauhi hal-hal yang memicu amarah pasangan.

Seperti diketahui bahwa kemarahan dapat merusak hubungan. Selain itu, sikap dan perilaku negatif pasangan yang marah dapat menguras energimu, membuatmu merasa frustrasi dan akan merusak kesejahteraan antar pasangan.

Untuk itu, penting menangani pasangan yang sedang marah agar hubungan bisa tetap berjalan dengan baik. Berikut ini beberapa cara efektif untuk menghadapi pasangan yang sedang marah:

1. Menurunkan dan Menetralkan Emosi

Saat kamu mencoba mengendalikan pasangan yang marah, ia mungkin menjadi defensif dan tak kooperatif. Saat itu terjadi, bukan hal yang bijaksana untuk kamu ikut-ikutan marah.

Cara terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan membiarkan pasangan menurunkan emosinya hingga merasa tenang. Semakin tenang, semakin cepat kemarahan mereka mereda.

2. Bersikap Tegas dan Hormat

Saat pasangan sedang marah, kamu disarankan untuk bersikap tegas namun tetap hormat. Bertindak tegas adalah proses mengambil posisi di mana kamu sebagai pasangan dapat mengekspresikan keinginan, namun tetap menghormati perasaannya.

Misalnya ketika pasangan sedang marah, kamu bisa coba mengungkapkan keinginanmu untuk menjauh agar pasangan bisa memiliki waktu untuk menenangkan diri. Namun, jika pasanganmu ingin kamu berada di sisinya untuk ditemani, kamu bisa hormati keputusannya dengan menjelaskan bahwa tak ingin jadi sasaran kemarahannya.

Baca Juga: Merapat Yuk! Ini Pentingnya Peran Suami saat Istri Sedang Berbadan Dua