Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya akan berbagai tradisi dalam menyambut hari-hari spesial. Biasanya tradisi tersebut berkaitan erat dengan suku atau agama yang dianut dari wilayah yang melaksanakan tradisi tersebut. Tak terkecuali tradisi dalam menyambut datangnya bulan Ramadan yang akan jatuh pada 12 April 2021 mendatang.

Di Jawa Barat, terdapat beberapa tradisi unik yang biasa dijalankan oleh umat islam dalam menyambut datangnya bulan Ramadan. Tradisi ini diyakini sebagai sarana untuk menyucikan diri sebelum memasuki bulan suci Ramadan. Berikut tiga tradisi di Jawa Barat yang biasa dijalankan untuk menyambut datangnya bulan Ramadan seperti dikutip dari berbagai sumber, (01/04/2021).

Nyadran

Tradisi menyambut Ramadan pertama di wilayah Jawa Barat adalah tradisi Nyadran. Tradisi yang populer di beberapa wilayah Jawa Barat seperti Cirebon, Sumedang, Garut, Subang dan Tasik ini merupakan tradisi peninggalan leluhur yang saat ini masih dilaksanakan.

Budaya ziarah ke makam leluhur, seolah menjadi kewajiban kepada sanak saudara atau keturunan setelahnya yang sudah meninggal. Tradisi tersebut juga berkenaan tentang refleksi kita agar selalu mengingat akan kematian sehingga hati dan fikiran menjadi lebih terarah.

Tradisi Nyadran juga merupakan prosesi budaya yang biasa dilakukan oleh masyarakat Sunda dalam membersihkan makam dan melakukan doa. Tradisi Nyadran sendiri, dasarnya diambil dari bahasa Arab, Nadara atau lebih akrab disebut oleh orang sunda dengan sebutan Nyadran yang berarti jarang atau langka.

Baca Juga: Aurel Hermansyah Kenakan Hijab saat Bulan Ramadhan Saja, Atta Halilintar: Jangan Dihujat, Guys