Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam. Segala jenis tumbuhan bisa diolah menjadi makanan khas di berbagai daerah Indonesia.

Salah satu olahan makanan yang jarang diketahui adalah berbahan dasar jagung. Daerah Nusa Tenggara Timur (NTT) memiliki beragam jenis makanan khas yang diolah menggunakan jagung lho.

Sekadar informasi bahwa jagung jadi salah satu bahan makanan pokok masyarakat NTT. Tak begitu familiar, berikut ini beberapa jenis makanan khas NTT yang terbuat dari jagung:

1. Jagung Titi

Siapa yang enggak suka cemilan? Banyak jenis cemilan yang tersedia di Indonesia, salah satunya dari olahan jagung biasa disebut Jagung Titi khas NTT. Jagung titi diketahui berasal dari daerah Flores bagian timur seperti di Solor, Adonara, Alor, dan Lembata

Melansir laman Pariwisata Indonesia (5/4/2021) jagung titi merupakan camilan yang terbuat dari jagung yang dipipil lalu disangrai. Jagung ini disajikan dalam kondisi mentah atau bisa juga digoreng.

Untuk menambah kenikmatannya, jagung titi tersedia dengan berbagai varian rasa, seperti asin atau caramel. Biasanya jagung titi dijual dengan kisaran harga Rp25.000, jadi jika berkungjung ke NTT jangan lupa coba jagung titi ya, Beauty!

Baca Juga: Mengenal Kain Tenun Khas Nusa Tenggara Timur yang Mendunia