Ketika anak mengeluh sakit perut, ada beberapa hal yang perlu Moms waspadai. Sakit perut dapat disebabkan oleh masalah sederhana seperti kecemasan, tetapi dapat pula serius seperti Gastroesophageal Reflux Disease yang memerlukan pertolongan dokter.

Waspadai kelima jenis sakit perut yang paling sering terjadi pada anak-anak berikut, seperti dilansir dari Parenting, (06/04/2021) antara lain:

1. Sembelit

Gangguan pencernaan yang menyebabkan kesulitan buang air besar ini juga dapat mempengaruhi bayi dan anak-anak. Tinja yang menumpuk di usus besar, dapat menyebabkan rasa tak nyaman atau nyeri pada perut.

Sakit perut ini pada gilirannya akan membuat anak untuk menahan tinja, yang dapat memperburuk masalah. Untuk bayi di bawah 6 bulan yang belum memiliki tinja padat, cobalah untuk lebih sering menyusuinya.

Untuk bayi yang usianya lebih dari 6 bulan atau balita, berikan lebih banyak buah, sayuran, jus buah pir, apel atau anggur dan minum lebih banyak air. Untuk anak yang usianya lebih dari 5 tahun, jika tindakan tersebut tidak membantu setelah 2 hari, dokter mungkin akan menyarankan untuk menggunakan pelunak tinja.

Untuk anak-anak usia prasekolah, Anda juga dapat menambahkan suplemen serat seperti psyllium, tetapi segera hubungi dokter jika langkah tersebut tidak bekerja. Dokter mungkin akan meresepkan obat pencahar atau susu magnesium untuk bantuan jangka pendek dan tak boleh dijadikan kebiasaan.

Baca Juga: Waduh! Ini 5 Makanan Sisa yang Tak Boleh Dimakan Lagi, Hindari Ya!