Setiap daerah di Indonesia, memiliki segudang tradisi adat dan kebiasaan masyarakat. Di provinsi Nanggro Aceh Darussalam, tradisi dan kebiasaan masyarakat identik dengan hal-hal yang religius.

Seiring berjalannya waktu dan globalisasi, beberapa tradisi adat dan budaya aceh lenyap begitu saja. Tetapi masih banyak tradisi adat dan kebiasaan masyarakat Aceh yang bisa dijaga dan dilestarikan hingga saat ini.

Aceh memiliki adat dan budaya yang beragam dan unik. Salah satu tradisi adat dan kebiasaan masyarakat Aceh yang masih bertahan adalah beberapa ucara adat yang dilakukan oleh penduduk setempat.

Tradisi adat dan kebiasaan masyarakat Aceh terkenal dengan upacara adat dan budayanya yang sakral dan religius. Penduduk Aceh biasanya melakukan upacara adat dalam menyambut kelahiran hingga upacara adat untuk kematian.

Meskipun ada beberapa adat dan budaya Aceh yang punah, namun penduduk setempat masih terus dan akan sellau melestarikan budayanya secara turun-temurun. Tradisi dan kebiasaan masyarakat ini sudah ada sejak dahulu kala.

Dilansir dari berbagai sumber (07/04/2021), berikut tradisi adat dan kebiasaan masyarakat Aceh yang religius.

Baca Juga: 3 Tradisi Menyambut Ramadan yang Hanya Ada di Yogyakarta