Pasca terinfeksi virus Herpes Zoster, penderita akan memasuki fase NPH atau Neuralgia Pasca Herpes. Penderita NPH akan mengalami berbagai macam gejala yang dapat menganggu kualitas hidupnya.

“NPH suatu hal yang harus ditekankan. Dalam fase NPH komplikasi cukup sering dialami pasien. Salah satu pasien saya yang lansia otomatis terkena NPH dan sangat menganggu kualitas hidup mereka,” ujar dr. Anthony Handoko, SpKK, FINSDV sebagai CEO Klinik Pramudia .

Dikatakan menganggu kualitas hidup karena dalam fase NPH, penderita mengalami nyeri yang hilang dan timbul cukup lama. Hal ini dikarenakan dermatoma kulit sudah terserang.

Jika gejala Herpes Zoster dapat sembuh dengan sendirinya selama seminggu atau sepuluh hari. Hal ini berbeda dengan gejala NPH. Waktu kesembuhan NPH kurang lebih tiga bulan.

“Sembuh NPH itu lama lebih dari 3 bulan. Sakit kepalanya nyut-nyutan. Bahkan beberapa pasien saya sampai ingin menjedodan kepala dan ingin mati. NPH disebabkan karena adanya saraf yang rusak,” kata dr. Anthony Handoko, SpKK, FINSDV sebagai CEO Klinik Pramudia

Munculnya gejala NPH diakibatkan penderita Herpes menganggap sepele penyakitanya. Sehinga virus menginfeksi semakin parah, lalu munculah gejala NPH.

Baca Juga: Hati-hati! Kenali Herpes Genital yang Menular dari Hubungan Seksual