Bulan Ramadan sudah di depan mata. Umat muslim pun menyambut bulan yang penuh berkah inidengan suka cita. Banyak yang menanti bulan Ramadan, tak terkecuali dengan anak-anak.

Ibadah puasa yang identik dilakukan selama bulan Ramadan pun menjadi pengalaman yang berharga untuk anak-anak. Namun, banyak orang tua yang bingung bagaimana mempersiapkan anak-anak yang baru mulai untuk puasa. Jika moms merasa kebingungan, berikut HerStory apa saja yang harus dipersiapkan saat anak baru mau mulai puasa:

Perhatikan Waktu Puasa Anak

Hal utama yang perlu diperhatikan para orang tua sebelum anaknya adalah perhatikan jam puasa. Dikutip dari Gulf Times (10/4/2021) Fatma Souikey seorang ahli gizi klinis di Hamad General Hospital, Qatar menjelaskan bahwa terapkan waktu puasa kepada anak secara perlahan-lahan.

Itu berarti bahwa orang tua tak boleh memaksakan anak harus puasa full seharian. Pasalnya anak juga masih beradaptasi untuk menahan lapar. Ini juga dilakukan guna mencegah kejadian buruk yang bisa menimpa anak.

Selain itu, sebagai awalan orang tua disarankan untuk memberikan makan sahur kepada anaknya saat sudah mendekati waktu imsak. Hal ini dilakukan agar anak tak terlalu lama menahan lapar saat masih pertama kali puasa.

Baca Juga: Si Kecil Enggan Mengenakan Masker saat ke Luar Rumah? Ini 3 Cara Efektif untuk Mengatasinya Moms