Setiap orang tua tentu ingin memiliki hubungan yang baik dengan anak-anaknya. Meski terdengar mudah, ternyata banyak orang tua yang tak tahu cara membangun hubungan dengan anak-anaknya lho.

Membangun ikatan yang kuat dengan anak-anak dipercaya sebagai kunci kebahagiaan dalam keluarga. Kurangnya ikatan yang kuat dengan anak-anak dapat memberikan dampak yang kurang baik, misalnya anak menjadi tertutup dengan orang tua, anak sering melawan orang tua dan masih banyak lagi.

Maka dari itu sebagai orang tua harus berusaha mengembangkan ikatan yang kuat dengan anak-anak sejak usia dini. Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan para orang tua untuk membangun hubungan dengan anak:

1. Miliki Hubungan yang Sehat Dengan Pasangan

Ketika memiliki anak, pola asuh pun menjadi tanggung jawab ibu dan ayahnya. Sebelum membangun ikatan yang baik dengan anak, hubungan kedua orang tua harus dipastikan dalam keadaan yang sehat.

Pasalnya jika orang tua memiliki konflik, ini tentu akan berdampak pada tumbuh kembang anak. Misalnya, jika pasangan kedua orang tua sering bertengkar hebat dan memanas, anak-anak mungkin merasa diabaikan dan merasa bahwa pertengkaran orang tua ini akibat kehadiran mereka. Dengan begitu, enggak jarang anak-anak merasa bahwa dirinya tak berharga.

Cara yang baik untuk mengendalikan ini adalah dengan menangani perselisihan para orang tua di belakang anak-anak. Selain itu, buat suasana rumah menjadi lebih positif hingga anak-anak merasa aman saat berada di rumah. Ketika hal ini terjadi, anak-anak akan berperilaku lebih terbuka.

Baca Juga: Mudahkan Orang Tua dalam Mengawasi Anak Belajar Daring, Olike Luncurkan EduTab E1 dan E3 Berfitur Lengkap