Berpuasa di Bulan Ramadan merupakan bagian dari ibadah. Selain ibadah, puasa juga memberikan banyak manfaat bagi tubuh kita. Puasa berguna untuk mengistirahatkan dan mengurangi beban organ tubuh serta membersihkan tubuh dari berbagai racun yang diterima tubuh. Dengan begitu, puasa bukan suatu hal yang dapat membahayakan tubuh.

Sayangnya, tak semua umat muslim mampu menjalankan puasa dengan lancar. Sebagian umat muslim terkendala dengan gangguan kesehatan, seperti tekanan darah rendah. Keluhan muncul bagi penderita tekanan darah rendah saat berpuasa, seperti pusing dan pandangan berkunang-kunang. Biasanya gangguan ini terjadi disebabkan minimnya  jumlah konsumsi cairan dan garam ke dalam tubuh.

Lalu, bagaimana tips menghadapi masalah tekanan darah rendah tanpa membatalkan puasa? Berikut tips berpuasa bagi penderita tekanan darah rendah seperti dikutip dari berbagai sumber, (12/04/2021).

1. Periksakan kondisi kesehatan

Sebelum berpuasa, sebaiknya penderita darah rendah menjalani pemeriksaan kesehatan selama satu atau dua bulan.  Pemeriksaan dapat meliputi cek tekanan darah, sehingga memudahkan pemantauan dan pengambilan keputusan ketika terjadi sesuatu. Apabila disarankan dokter untuk menjalankan pengobatan, segera lakukan penyesuaian pengobatan selama puasa.

2. Perhatikan jenis makanan