Saat menjalani puasa, tubuh mungkin mengalami dehidrasi. Selain itu, suhu yang meningkat juga bisa mengakibatkan dehidrasi karena tubuh membutuhkan lebih banyak air dan elektrolit utama untuk menjalankan fungsi normalnya

Menurut Mayo Clinic, dehidrasi terjadi ketika tubuh kehilangan lebih banyak cairan daripada yang dikonsumsi. Tetapi dehidrasi terjadi bukan hanya karena kamu kurang mengonsumsi cairan, namun ini juga bisa terjadi jika kamu mengonsumsi makanan atau minuman yang memiliki efek diuretik, artinya membantu tubuh membuang cairan.

Untuk memastikan tubuh terhidrasi dengan baik di saat puasa, berhati-hatilah dengan minuman berikut yang dapat menyebabkan dehidrasi:

Soda

Menyeruput soda mungkin tampak menyegarkan di hari yang panas, tetapi penelitian dari Organisasi Kesehatan Dunia menunjukkan bahwa gula dalam minuman ringan dapat memiliki efek hipernatremik pada tubuh. Itu berarti soda bisa menarik air dari jaringan tubuh dan menguras cairan di tubuh manusia.

Baca Juga: Celine Evangelista Ikut Jalani Puasa di Bulan Ramadhan sampai Pakai Cadar

Selain itu, kafein dalam soda bertindak sebagai diuretik ringan dan menyebabkan kamu lebih sering buang air kecil. Sebuah studi dari PLOS One juga menunjukkan bahwa mengonsumsi minuman berkarbonasi dingin dapat memberikan kesan yang salah bahwa minuman tersebut menghidrasi, padahal sebenarnya minuman tersebut merampas H2O dalam tubuh.