Apa kamu salah satu orang yang suka tidur setelah melakukan makan sahur? Nah, kebiasaan tidur setelah sahur harus kamu waspadai kerena berdampak buruk bagi tubuh, terutama untuk sistem organ yang bertugas untuk mencerna makanan. Selain itu, ada masalah-masalah lain yang akan timbul kalau kamu tidur setelah sahur.

Dilansir dari berbagai sumber (19/4/2021), inilah beberapa dampak buruk yang akan muncul pada saat kamu tidur setelah sahur. Banyak menganggu masalah kesehatan, lho. Apa saja? Yuk, simak baik-baik, ya!

Menaikkan berat badan

Tidur setelah makan memang membuat berat badan naik. Hal tersebut disebabkan karena kamu mengonsumsi lebih banyak kalori daripada yang dibakar. Kurangnya aktivitas fisik saat berpuasa dan langsung tidur setelah makan membuat tubuh menimbun lemak karena kamu enggak memberikan kesempatan untuk membakar kalori yang masuk.

Asam lambung

Selain berat badan yang bisa naik, makan setelah sahur bisa meningkatkan asam lambung. Kalau proses pencernaan makanan enggak sempurna, makanan yang masih kasar di dalam lambung dapat membuat iritasi dinding lambung dan memicu asam lambung. 

Gejala yang dirasa adalah nyeri di sekitar lambung atau perut kiri atas. Bisa uga terasa sesnsasi panas di dada/ Nah, untuk kamu yang mudah merasa mulas dan sakit perut, sebaiknya hindari kebiasaan tidur setelah makan.

Baca Juga: Bikin Badan Lemas, Hindari 3 Kebiasaan Makan Ini Saat Sahur Biar Puasa Lancar!