Saat berbuka puasa, kamu memang dianjurkan untuk mengoinsumsi makanan yang manis. Makanan manis bisa mengembalikan energi yang hilang setelah puasa seharian penuh. Namun, berbuka dengan yang manis secara berlebihan dapat menjadi "musuh" bagi kesehatan tubuh.

Pasalnya, mengonsumsi hidangan manis saat berbuka puasa dapat mengakibatkan hipoglikemia atau kadar gula terlalu rendah. Di sisi lain, gula dapat membantu mengembalikan tingkat energi dengat sepat setelah seharian berpuasa. Tetapi bukan berarti mengonsumsi gula secara berlebihan.

Dikutip dari berbagai sumber, (21/04/2021) berbuka dengan yang manis apalagi dengan karbohidrat simpleks seperti kolak, es buah, atau es kelapa muda dapat mengakibatkan glukosa darah naik cepat. Setelah itu akan mengakibatkan produksi insulin meningkat lalu glukosa turun drastis, dan terjadilah hipoglikemia.

Apakah kita mengalami hipoglikemia? Jika kamu pernah megngalami gejala seperti lemas, cemas, gemetar, berdebar-debar, keringat berlebihan, bingung, susah bicara, mual, serta sakit kepala setelah berbuka, bisa jadi kamu mengalami hipoglikemia.

Baca Juga: Agar Puasa Lancar, Hindari Makanan Ini karena Bisa Bikin Perut Cepat Lapar

Untuk itu, kita tetap harus mengontrol asupan gula saat berbuka puasa agar tetap sehat selama menjalankan ibadah puasa.