Dari stretch marks, jerawat, gatal-gatal hingga ruam, kulit akan mengalami banyak perubahan selama masa kehamilan. Inilah cara menghadapinya dengan aman.

Bagaimana cara untuk mengobati jerawat saat hamil?

Selama kehamilan, kamu harus menghindari kandungan retinoid atau turunan vitamin A, seperti Retin-A atau Renova, serta salisilat, termasuk produk yang mengandung asam salisilat dikenal juga sebagai asam beta-hidroksi. Kandungan ini semua dapat membahayakan bayi di dalam kandungan yang sedang berkembang.

Heidi Waldorf, M.D., direktur kosmetik dan laser dermatologi di Mount Sinai School of Medicine di New York City, menganjurkan untuk cari produk yang mengandung asam laktat atau asam glikolat.

Bolehkan facial saat hamil?

Facial di klinik kecantikan menjadi tujuan utama ketika berurusan dengan masalah kulit. Tetapi sebelum melakukannya, pastikan kamu tahu perawatan mana yang aman bagi ibu hamil.

Melansir parents dokter kulit Erica Kelly dari University of Texas Medical Branch di Galveston menyarankan untuk enggak menggunakan kandungan asam glikolat atau beta-hidroksi, seperti asam salisilat. Sebaliknya, mintalah skincare yang mengandung asam laktat, asam alfa-hidroksi karena aman bagi kehamilan.

Baca Juga: Hati-hati! 4 Bahan Ini Harus Dihindari untuk Skincare Bayi

Haruskah beralih ke produk perawatan kulit organik?

"Jika kamu menggunakan produk konvensional dan itu berfungsi, saya tidak melihat alasan untuk beralih," kata Diane Madfes, M.D., dokter kulit yang berbasis di New York.

Jika kamu memutuskan untuk menggunakan produk organik, periksa bahan-bahannya. Jauhi produk yang mengandung retinol, vitamin A, atau asam salisilat sering disebut sebagai willow bark. Kandungan itu semua menyebabkan anak menjadi cacat ketika lahir.

Apakah make up mineral aman?

Joanna Schlip, seorang penata rias Los Angeles menyebut Make up mineral adalah pilihan yang baik selama masa kehamilan ketika kulit bereaksi secara tiba-tiba. Semua itu karena dalamĀ make upĀ mineral tidak mengandung bahan yang dapat mengiritasi kulit, seperti pewangi atau pengawet.

Make up mineral juga mengandung titanium dan seng, yang bertindak sebagai SPF alami untuk melindungi kulit Anda dari sinar matahari yang berbahaya.

Tentunya ketika sedang hamil tubuh menjadi lebih sesitif, pastikan produk yang kamu gunakan aman untuk ibu hamil dan jangan lupa konsultasikan dengan dokter kandungan ya, Beauty!