Moms, pernah dengar bahwa ikan memiliki kontribusi yang besar bagi kecerdasan otak? Ya, kabar ini memang tak keliru. Dikutip dari berbagai sumber, (06/05/2021) sebuah penelitian yang datang dari Spanyol menunjukkan bahwa ketika ibu hamil mengonsumsi tiga porsi besar ikan setiap minggu selama kehamilan memberikan manfaat bagi otak anak-anak selama bertahun-tahun yang akan datang.

Penelitian tersebut menemukan bahwa anak-anak yang ibunya mengonsumsi ikan lebih banyak saat kehamilan memiliki peningkatan fungsi otak yang lebih baik. Berbeda dengan anak-anak yang ibunya lebih sedikit mengonsumsi ikan selama kehamilan.

Apalagi jika Moms mengonsumsi makanan laut yang merupakan sumber dari nutrisi penting untuk perkembangan otak. Hanya saja, pada saat yang sama kita perlu mewaspadai adanya merkuri pada hidangan yang disantap.

Karena adanya kekhawatiran akan risiko merkuri tersebut, para ibu hamil disarankan mengonsumsi tak lebih dari 12 ons ikan setiap minggu. Ibu hamil baik untuk mengonsumsi ikan dengan kandungan lemak tinggi (seperti ikan todak, tuna dan albacore), ikan lemak rendah(seperti makarel, sarden, ikan teri dan salmon), dan ikan tanpa lemak (seperti kerang dan makanan laut lainnya).

Keterkaitan antara konsumsi ikan yang tinggi oleh ibu hamil dengan perkembangan otak anak-anak ditunjukkan dengan jelas saat anak-anak mereka mencapai usia lima tahun. Para peneliti juga melihat adanya penurunan dalam sifat autisme spektrum terkait dengan peningkatan konsumsi ikan pada ibu hamil.

Baca Juga: Beauty, Ini 4 Alasan Mengapa Kamu Gak Boleh Menunda Kehamilan Pertama

Penting untuk diketahui, konsumsi ikan tanpa lemak dan ikan tinggi lemak menjadi makanan yang paling kuat dalam mendukung fungsi otak anak-anak. Selain itu, mengonsumsi ikan selama trisemester pertama akan lebih baik dibandingkan dengan masa akhir kehamilan.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas