Santan sering dijadikan bahan masakan kuliner nusantara. Namun, santan sering dapat tudingan jadi sumber gangguan kesehatan. Padahal santan memiliki manfaat bagi tubuh.

Dalam santan mentah terdapat serat, protein, lemak, dan folat. Selain itu, santan kaya akan vitamin C, E, B1, B3, B5, dan B6. Kandungan gizi lainnya yang ada dalam santan adalah zat besi, selenium, natrium, kalium, kalsium, tembaga, mangan, dan fosfor.

Berikut  manfaat santan yang enggak diduga, lho

  1. Efek pada berat badan dan metabolisme

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa lemak MCT yang terdapat dalam santan membantu mengurangi nafsu makan dan asupan kalori. Selain itu, MCT dalam santan mampu meningkatkan pengeluaran kalori dan pembakaran lemak meski bersifat sementara.

Selain itu, kandungan gizi berupa MCT dengan jumlah kecil tidak memiliki efek signifikan pada berat badan atau metabolisme. Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan bahwa adanya manfaat santan terhadap berat badan dan metabolisme.

Baca Juga: Sering Disebut 'Biang Kolestrol', Ini 5 Manfaat Santan untuk Kesehatan yang Sering Diabaikan

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas