Tanda-tanda apabila mengalami depresi dapat dilihat dari perubahan kebiasaan sehari-hari. Bahkan kamu bisa mendeteksinya sendiri, lho! 

Ternyata, menjalankan aktivitas dan kegiatan sehari-hari menjadi kemewahan bagi orang yang sedang mengalami depresi. Hal tersebut terjadi sebab sulitnya melakukan aktivitas dengan normal.

Berikut beberapa kegiatan sehari-hari yang mungkin berubah ketika mengalami depresi.

  1. Kebersihan diri

Salah satu upaya menjaga tubuh tetap sehat yaitu memelihara kebersihan diri. Namun, ketika seseorang mengalami depresi maka keinginan bahkan untuk mencuci mukapun hilang. Apalagi untuk harus mandi, memotong kuku, dan membersihkan dir lainnya.

Apabila mengalami gejala malas untuk bebersih diri, cobalah untuk memulainya secara perlahan. Mulai dari menggunakan obat kumur untuk menjaga kebersihan mulut. Jika enggan terkena air, bersihkan tubuh khususnya bagian lipatan tubuh menggunakan tisu basah.

Meminta bantuan orang lain untuk membersihkan diri juga menjadi salah satu solusinya. Bantuan orang lain dapat menjadi solusi ketika pikiran yang gak fokus karena depresi.

Baca Juga: Dampak Buruk Depresi bagi Kesehatan Tubuh, Kamu Harus Waspada!

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas