Hari lebaran identik dengan makanan yang bersantan. Makanan itu tentu dapat membawa pengaruh buruk untuk tubuh. Salah satunya adalah meningkatkan kolesterol.

Untuk itu, wajib hukumnya untuk mengonsumsi makanan sehat setelah puas makan opor dan sayur godog saat lebaran guna menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh. Makanan apa saja ya?

1. Oatmeal

Makanan pertama yang dapat menurunkan kolesterol adalah semangkuk oatmeal atau sereal berbahan dasar oat dingin seperti Cheerios untuk sarapan. Makanan jenis ini memberi tubuh 1 hingga 2 gram serat larut. Pedoman nutrisi merekomendasikan untuk mengonsumsi 20 hingga 35 gram serat sehari, dengan setidaknya 5 hingga 10 gram berasal dari serat larut.

2. Barley dan biji-bijian lainnya

Makanan kedua yang disarankan untuk dikonsumsi saat ingin menurunkan kolesterol adalah barley dan jenis biji-bijian lain. Barley dan biji-bijian dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung, terutama melalui serat larut yang dihasilkannya akibat kolesterol yang tinggi.

3. Kacang

Kacang sangat kaya akan serat larut. Kacang juga membutuhkan waktu untuk dicerna oleh tubuh, yang berarti akan membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Itulah salah satu alasan kacang merupakan makanan yang bermanfaat bagi orang yang mencoba menurunkan berat badan.

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa makan almond, kenari, kacang tanah, dan kacang-kacangan lainnya baik untuk jantung. Makan 2 ons kacang sehari bisa sedikit menurunkan LDL (kolesterol jahat) sekitar 5%. Kacang memiliki nutrisi tambahan yang melindungi jantung akibat kolesterol tinggi.

Baca Juga: Beauty, Makanan Super Ini Sangat Baik Dikonsumsi untuk Turunkan Kolesterol Lho! Sudah Tahu Belum?

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas