Setiap ibu hamil selalu mendambakan kondisi bayi senantiasa sehat dan persalinan lancar. Namun, posisi bayi sungsang dalam kandungan dapat membuat Moms merasa cemas. Pertanyaan terbesarnya adalah apa penyebab bayi sungsang dan bagaimana cara mengatasinya?

Dikutip dari berbagai sumber, (17/05/2021) para ahli menyebut pada usia kehamilan 28-34 minggu, buah hati dalam kandungan masih bisa bergerak dengan bebas.

Namun pada usia sekitar 34 minggu, seharusnya janin sudah tumbuh membesar dan tak bisa lagi leluasa bergerak sehingga menetap pada satu posisi. Jika posisi bayi melintang atau kepala masih di atas, inilah yang disebut bayi sungsang.

Saat ini, metode kesehatan sudah semakin canggih dan memungkinkan untuk operasi caesar yang lebih aman. Namun, posisi bayi sungsang akan menyulitkan jika Moms ingin menjalani persalinan dengan cara normal.

Tak perlu khawatir, Moms. Ada beberapa cara untuk menstimulasi buah hati agar bisa bepindah ke posisi normal. Moms bisa memperbanyak gerakan seperti bersujud dan menungging.

Namun, Moms sebaiknya berkonsultasi dengan dokter kandungan atau bidan untuk gerakan yang aman, ya. Berikut beberapa jenis gerakan yang paling umum dilakukan untuk mengubah posisi bayi sungsang.

Baca Juga: Calon Moms Wajib Tahu! Ini Tahapan yang Dilalui saat Melahirkan Normal

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas