Pasti di antara Beauty pernah merasa khawatir dan cemas yang enggak karuan, bukan? Terasa sangat berlebihan dan membuat aktivitasmu terganggu. Enggak pandang usia, rasa cemas bukan cuma menghampiri orang dewasa, anak-anak pun bisa mengalami kecemasan.

Bisa dibilang, cemas itu wajar dirasakan oleh siapa pun. Cemas merupakan kondisi emosi yang ditandai dengan perasaan enggak menyenangkan akibat batin yang kacau.

Memang enggak mudah untuk melawan rasa cemas begitu saja. Butuh adanya dampingan atau berkonsultasi ke ahlinya. Eits, tapi tenang Beauty! Ternyata ada cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk melawan kecemasan dalam hitungan detik. 

Penasara cara apa saja yang bisa dilakukan untuk melawan kecemasan? Mengutip dari Times of India, berikut HerStory rangkum tiga cara di antaranya.

Hitung Mundur

Saat rasa cemasmu meningkat, coba deh menghitung mundur angka lima sampai dengan satu. Tapi pelan-pelan aja ya Beauty! Dengan menghitung mundur, akan membantumu mengendalikan pikiran dan menghentikan rasa cemas yang sedang kamu alami. Ulangi cara ini terus-menerus sampai kamu merasa lebih baik.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mengatasi Rasa Cemas?

Aturan tiga

Yang dimaksud dengan aturan tiga ialah menyebutkan tiga hal yang kamu lihat di seklilingmu dengan suara yang keras saat rasa cemas menghantuimu. Misalnya, kamu lagi di taman dan saat itu tiba-tiba kamu mencemaskan suatu hal, coba deh katakan apa yang kamu lihat. Seperti bangku, bunga, kupu-kupu, dan lain sebagainya. 

Tahu enggak sih, kalau cara ini secara enggak sadar membantumu dalam menginterupsi pikiranmu dan membuat perasaanmu kembali normal.

Katakan dengan suara keras

Terakhir ialah mengatakan dengan suara keras. Motif utama dari cara ini adalah untuk memutuskan putaran pikiran yang membuatmu khawatir dan mengalihkan perhatianmu. 

Kalau rasa cemasmu mulai meninggi, mulailah untuk mengatakan hal-hak yang positif dengan suara sekeras-kerasnya dengan begitu secara enggak sadar pikiranmmu akan teralih.

Coba deh katakan "Aku enggak cemas kok dan perasaan ini akan hilang" dan "Saat ini aku punya perasaan yang enggak aku sukai, mereka akan hilang, dan aku akan merasa baik-baik saja". Atau kamu bisa juga bilang "Ketika lagi fokus sama tugas, rasa cemasku akan turun dan aku akan baik-baik aja" atau "Aku cuma ingin tenang, bersantai, dan semuanya baik-baik aja".

Nah , gampang banget kan Beauty? Mulai saat ini kamu bisa mengendalikan rasa cemas atau khawatirmu dalam waktu yang singkat. Let's try!