Payudara adalah anggota tubuh yang mendapatkan perhatian lebih dari wanita. Sebab, selain memiliki fungsi untuk menambah keindahan tubuh wanita, payudara juga berfungsi untuk memberi ASI. Itulah sebabnya gangguan atau rasa nyeri sekecil apapun pasti tak pernah diabaikan oleh wanita.

Banyak wanita yang mengartikan nyeri payudara sebagai awal mula dari kanker. Padahal ada banyak faktor yang menjadi penyebabnya munculnya rasa nyeri tersebut, lho. Dikutip dari berbagai sumber, (20/05/2021) berikut adalah penjelasannya.

PMS

Penyebab paling umum dari munculnya nyeri payudara adalah perubahan hormon yang terjadi selama masa PMS. Ya, PMS tak hanya membuat ukuran payudaramu membesar namun juga membuatnya jadi nyeri dan sensitif.

Kamu perlu bra baru

Pemakaian bra yang salah juga terkadang bisa membuat payudara terasa sakit, lho. Sebab bisa jadi bra yang kamu gunakan terlalu ketat atau terlalu longgar. Itulah sebabnya kamu perlu bra yang baru dengan ukuran yang lebih pas.

Baca Juga: Tak Selalu Pertanda Kanker, Ini 4 Jenis Benjolan Payudara yang Perlu Kamu Tahu!

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas