Beauty, di tengah pandemi virus Corona ini memaksa kita untuk karantina mandiri dan tidak bisa melakukan perawatan kecantikan di salon. Namun, bukan berarti kamu enggak bisa merawat rambut lho. Kamu bisa melakukan itu semua di rumah, mulai dari memotong hingga mewarnai rambut sendiri.

Nah Beauty, mewarnai rambut juga bisa menjadi hal untuk kamu mengisi kekosongan rambut dan kebosanan di rumah aja. Kamu bisa mencoba beberapa warna rambut tanpa takut malu jika hasilnya enggak sesuai harapanmu. Tanpa perlu bleaching, berikut tips sukses mewarnai rambut sendiri di rumah yang sudah HerStory rangkum dari berbagai sumber untuk kamu. Simak baik-baik ya!

Baca Juga: Biar Enggak Ngebosenin, Ini Tips Pintar Menata Rambut Pendekmu!

Pastikan rambut sehat

Beauty, jika kamu mau mewarnai rambut, hal yang harus dilakukan pertama yaitu memastikan kalau kondisi rambutmu sehat, tidak pecah-pecah, atau kering. Kalau rambut kamu dalam kondisi tidak sehat, sebaiknya tunggu beberapa waktu sampai pulih sambil diberi vitamin secara rutin.

Pastikan tidak ada alergi kulit kepala

Nah, selanjutnya jika kamu sudah atau belum pernah mewarnai rambut, sebaiknya kamu melakukan tes alergi dulu sebelum memulai kegiatan mewarnai rambut. Oleskan sedikit pewarna rambut di cotton bud berikan sedikit di kulit belakang telinga. Jika dalam waktu 48 jam tidak ada reaksi alergi atau kulit memerah, berarti Anda aman memakai pewarna tersebut.

Baca Juga: Mau Potong Rambut Jadi Pendek? Ketahui Dulu Hal Ini Biar Enggak Ada Penyesalan!

Pilih warna yang pas

Jika kamu tidak mau melakukan proses bleaching artinya varian warna yang bisa kamu pilih tidak terlalu banyak. Sebab rambut kamu masih tetap berwarna hitam dan tidak akan berhasil jika ingin mencoba aneka warna cerah. Kamu bisa memilih cat rambut dengan varian warna cokelat, dari yang cokelat muda hingga cokelat gelap. Kalau kekeuh mau mencoba warna cerah tidak masalah, tetapi biasanya warna rambutnya baru akan terlihat jika terkena matahari.

Jangan keramas dulu

Beauty, sebelum mewarnai rambut baiknya kamu tidak keramas dulu. Jangan keramas juga hingga 48 jam pasca proses pengecetan, ya. Proses keramas baiknya dilakukan setelah rambut diwarnai. Tepat setelah rambut kamu diwarnai, jangan lupa gunakan kondisioner, lalu bilas. 

Baca Juga: Di Tengah Pandemi Virus Corona, Bolehkah Wanita Perawatan di Salon dan Klinik Kecantikan?

Rutin pakai vitamin

Tips terakhir untuk kamu nih Beauty, agar warnanya terjaga dan awet, pastikan kamu selalu memberikan vitamin rambut secara rutin. Lindungi juga rambut dari sengatan sinar matahari. Jadi, saat berjemur pagi sebaiknya kamu pakai topi, ya. Hindari juga alat styling yang mengandung panas.

Selamat mencoba mewarnai rambut sendiri di rumah ya Beauty!