Siapa sih yang enggak pernah marah? Marah karena diusilin teman, marah karena pekerjaan yang enggak kunjung kelar, marah karena hal-hal yang membuat hati panas sepanjang hari? Marah itu wajar dialami oleh setiap orang, karena ini merupakan respon normal terhadap stres. 

Amarah yang didiamkan begitu saja, bisa merusak hubungan pribadi dan mengacaukan situasi. Biasanya kalau sedang marah, secara enggak sadar akan melimpahkannya ke hal-hal yang buruk dengan emosi.

Tapi, itu enggak baik Beauty, hal itu hanya bisa menyebabkan timbulnya penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. Enggak selamanya kok kalau kamu marah harus melampiaskannya ke hal-hal yang buruk. Coba deh sesekali kontrol amarahmu dan lampiaskan ke hal-hal lebih bermanfaat bagi dirimu.

Tahu enggak sih Beauty kalau ada suatu Studi dari National Institutes of Health yang mengatakan, mampu mengekspresikan kemarahan dengan cara yang sehat dapat meminimalisir terkena penyakit jantung lho!

Terus, cara yang tepat untuk meluapkan amarah gimana? Melansir dari laman Healthline, berikut HerStory rangkum enam di antaranya:

Ambil nafas dalam-dalam

Saat diri dikuasai amarah, coba deh atur nafasmu. Tarik nafas dalam-dalam dan hembuskan secara perlahan. Dengan begitu, kamu akan terasa lebih tenang dari sebelumnya.

Ucapkan kalimat yang menghibur

Mengulangi kalimat yang menenangkan dapat membuatmu lebih mudah untuk menahan emosi yang sulit, termasuk marah dan frustasi. Kamu bisa mengucapkannya dengan keras atau secara perlahan di dalam hati. 

Baca Juga: Ampuh! Cara Ini Bisa Hilangkan Rasa Cemas Dalam waktu 5 Detik

Tuang dalam bentuk visual

Cara ini cocok banget buat kamu yang jago melukis. Kalau lagi marah, tuang saja amarahmu ke dalam lukisan. Seenggaknya amarahmu itu bisa menjadi suatu karya yang mungkin bisa kamu jual nantinya.

Menggerak-gerakkan tubuh

Kadang, duduk diam bisa membuatmu merasa lebih cemas atau gelisah. Menggerakkan tubuh dalam pikiran sadar atau melakukan yoga dapat melepaskan ketegangan pada ototmu. Kalau misalnya kamu lagi marah, coba deh berjalan-jalan atau menari sekali pun untuk menjauhkan diri dari stres.

Meredakan amarah dengan humor

Menemukan humor di saat marah dapat membantumu menjaga perspektif yang seimbang. Saat marah, coba deh pikirkan hal-hal yang lucu dan membuatmu tertawa. Saat enggak menganggap diri terlalu serius, kamu akan memiliki lebih banyak peluang untuk mengontrol amarahmu itu.

Ubah lingkunganmu

Istirahatkan dirimu dengan mengambil waktu pribadi dari lingkungan. Kalau rumahmu berantakan dan membuatmu tambah stres, coba deh jalan-jalan sebentar sambil menetralkan emosimu. Siapa tahu di luar sana kamu menemukan hal-hal positif yang mampu meredakan amarahmu.

Nah , Beauty itu tadi enam hal yang bisa kamu lakukan untuk mengontrol amarahmu. Selalu ingat ya, kalau enggak selamanya marah harus dilampiaskan ke hal-hal buruk yang merugikanmu dan juga orang sekitar.