Menu

Hati-Hati! Ini 5 Akibat yang Bakal Kamu Rasakan Kalau Terlalu Sering Mencuci Muka

11 April 2020 14:15 WIB
Hati-Hati! Ini 5 Akibat yang Bakal Kamu Rasakan Kalau Terlalu Sering Mencuci Muka

Ilustrasi wanita yang sedang mencuci muka (Facebook/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Mencuci muka adalah hal yang wajib dilakukan oleh setiap wanita demi menunjang kebersihan pada wajah. Dengan mencuci muka, produk skincare juga akan terserap dengan baik pada wajah.Tapi Beauty, tahu enggak sih kalau mencuci muka terlalu sering berdampak buruk lho bagi kesehatan kulit wajah. Lho kok bisa?

Kalau kamu keseringan mencuci muka, maka akan mengakibatkan over-cleansing. Itu artinya kamu hanyak akan mendapatkan dampak buruk ketimbang manfaat dari mencuci muka. Makanya banyak anjuran dari ahli kecantikan yang mengatakan kalau cuci muka lebih baik dilakukan dua kali sehari, pagi dan malam. 

Baca Juga: Sedang Isolasi Mandiri karena Virus Corona? Yuk, Lakukan Perawatan Kulit Wajah Ini Agar Tetap Sehat

Penasaran dengan dampak kereingan mencuci muka? Merangkum dari berbagai sumber (11/4/2020), ini lima di antaranya:

Kulit menjadi kering

Beauty, pernah enggak sih setelah mencuci muka, wajah rasanya seperti tertarik dan terasa sangat kencang? Tahu enggak sih kalau itu merupakan tanda lipid barrier pada lapisan kulitmu mengalami kerusakan akibat sering mencuci muka.

Kulit wajah yang sehat itu yang masih mengandung kadar hidrasi dan sebum yang seimbang. Di mana kulit terlihat bercahaya, kenyal, dan juga sehat. Beauty, kalau mau punya kulit yang sehat pastikan kamu mencuci muka dengan pembersih wajah yang lembut ya!

Iritasi pada kulit

Sering mencuci muka juga membuat kulit wajah menjadi iritasi. Hal ini dikarenakan kehilangan minyak alami berlebih. Saat lapisan minyak alami itu hilang, kandungan produk perawatan wajah yang seharusnya enggak terserap, justru masuk ke dalam kulit melalui pori-pori wajah. Hal ini mengakibatkan kulit menjadi iritasi, alergi, bahkan munculnya ruam sekali pun.

Perubahan pH kulit

Tahu enggak sih Beauty, pH kulit memiliki peranan besar dalam menjaga kesehatan kulit. Umumnya, kulit yang sehat itu memiliki pH antara 4.2 hingga 5.5. Dengan pH yang sehat, kulit dapat terlindung dari bakteri dan juga virus, serta hidrasi pada kulit akan terjaga. 

Baca Juga: Cuma Butuh Waktu Satu Jam, Ini Cara cepat Menghilangkan Jerawat!

Mencuci muka adalah salah satu kegiatan yang dapat mengubah keseimbangan pH pada kulit. Hal ini disebabkan oleh tingginya pH air dan face wash yang umumnya di atas angka 7.

Beruntusan

Bukannya mendapat kulit bersih berseri, mencuci muka terlalu sering justru membuat wajah menjadi beruntusan. Kok bisa sih? memncuci muka terlalu sering membuat produksi minyak meningkat untuk mengembalikan kelembapan kulit yang hilang. Produksi minyak terus menerus justru bisa menyumbat pori-pori dan hal ini bisa menyebabkan beruntusan pada wajah dan menimbulkan jerawat.

Keriput

Huft Beauty, kamu enggak mau kan kelihatn tua sebelum waktunya? Seingnya mencuci muka juga bisa membuat kulit menjadi keriput lho! Hal ini terjadi karena kelembapan pada wajah hilang dan menyebabkan kulit kering hingga membuat kulit menjadi keriput.

Kamu enggak mau kan semua masalah itu terjadi pada wajahmu? Makanya, cuci muka sesuai anjuran aja ya, Beuty!

Baca Juga: Tiati Beauty! Bikin Wajah Bruntusan dan Komedoan, Ini 3 Kesalahan Cuci Muka yang Sering Dilakukan, Bukannya Bersih Malah Makin Rusak!

Baca Juga: Moms Pasti Girang Deh! 4 Tips Alami Hilangkan Uban, Wajib Banget Dicoba!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan