Berbicara mengenai investasi, emas menjadi salah satu instrumen investasi yang digemari oleh masyarakat.

Bahkan, emas sudah digunakan untuk menyimpan kekayaan selama lebih dari 3000 tahun. Hal ini dikarenakan emas sangat langka dan bahkan saat ini, emas menjadi komoditi yang semakin sulit ditambang. Investasi emas juga sering dijadikan safe haven atau lindung nilai untuk menghindari inflasi.

Harga emas bisa naik ataupun turun setiap harinya. Hal ini dipengaruhi oleh kondisi global, permintaan dan penawaran emas, nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika, inflasi, dan tingkat suku bunga.

Oleh karenanya, kamu harus mengetahui kapan waktu yang tepat untuk memulai investasi emas. Hal yang harus dilakukan adalah melakukan analisis untuk mengetahui harga emas.

Mengutip dari Finansialku, (24/05/2021) ada dua cara untuk menganalisis harga emas, yaitu analisis teknikal dan analisis fundamental. Berikut penjelasannya!

Analisa Teknikal

Baca Juga: Makin Bersinar! Harga Emas Antam Naik Rp2.000, Working Moms Semangat Investasi

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas